Selamat Hari Lembaga Sosial Desa 05 Mei 2016

Hari Lembaga Sosial Desa (LSD)  diperingati pada 05 Mei setiap tahunnya. Hari ini diperingati sebagai hari penting di Indonesia. Hari Lembaga Sosial ini ditetapkan dengan aturan dari Pemerintah daerah. Pemerintahan daerah adalah pemerintahan yang mewakili pemerintahan pusat di suatu daerah dalam suatu wilayah satu negara. Hal tersebut sesuai dengan pasal 18 dan pasal 18B UUD 1945.

Tujuan diperingati Hari lembaga Sosial Desa ini adalah untuk meningkatkan rasa peduli sosial bagi para penggerak dan penggiat kemajuan bagi masyarakat desa di Indonesia.

Desa merupakan kesatuan wilayah yang dihuni oleh sejumlah keluarga. Desa memiliki batas-batas wilayah tertentu dan memiliki kekuasaan hukum, serta dikepalai oleh seorang kepala desa. Sistem pemerintahan desa terdiri dari pemerintah desa dan badan permusyawarahan desa.

Setiap desa dipimpin oleh seorang kepala desa. Kepala desa dipilih langsung oleh masyarakat di desa tersebut. Syarat dan tata cara pemilihannya diatur oleh peraturan daerah yang berpedoman pada peraturan pemerintah. Kepala desa bukanlah seorang pegawai negeri sipil. Masa jabatan kepala desa adalah enam tahun. Ia dapat dipilih kembali hanya untuk satu kali masa jabatan berikutnya.

Hari Lembaga Sosial Desa diperingati di Indonesia karena dianggap penting dalam meningkatkan rasa aman dan tertib dalam kehidupan bermasyarakat sehingga dapat menciptakan kehidupan yang harmonis dikalangan masyarakat dan yang tidak kalah pentingnya Hari Lembaga Sosial Desa ini juga dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.

Lembaga Sosial Desa ini tidak dapat terlaksana tanpa Badan Permusyawaratan Desa (BPD). BPD mempunyai fungsi untuk menetapkan peraturan desa bersama kepala desa, menampung, dan menyalurkan aspirasi (pendapat) masyarakat. Aspirasi masyarakat inilah yang dapat menjalankan lembaga sosial dalam desa.

|Sumber: http://artikelferry.blogspot.co.id/2014/05/hari-lembaga-sosial-desa.html, https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_hari_penting_di_Indonesia, https://www.facebook.com/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 4 =