Curug Seribu Bogor nan Elok

SEHUBUNGAN dengan tanggal merah dalam kalender, menunjukan hari besar Isra mi’raj. Malahayati.ac.id melaksanakan liburan di kota hujan, Bogor. Tempat yang akan kita datangi adalah Curug Seribu Gunung Salak Bogor.

Curug Seribu memiliki ketinggian air mencapai 100 meter dengan curahan air yang besar. Sumber air curug berasal dari Gunung Salak dan mengalir mengikuti arah Sungai Cikuluwung. Selama menuju ke curug ini akan ditemui tiga air terjun tambahan berada di sisi kanan jalan dengan masing-masing berketinggian antara 5 hingga 10 meter namun dengan debit air yang kecil dan berada di balik rimbunnya daun pepohonan.

Curug Seribu berada di ketinggian 750-1.050 meter dari permukaan laut (dpl) dan termasuk dalam Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) di kaki Gunung Salak di bawah naungan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Selain Curug Seribu masih ada 3 curug lagi di kawasan ini yaitu Curug Cihurang, Curug Ngumpet, dan Curug Cigamea. Semua curug tersebut terletak dekat dengan jalan raya sehingga mudah dijangkau.

Terlihat sepanjang jalan pohon pinus menjulang tinggi disertai kabut menutupi sebagian pinus. Curah hujan nan tinggi membuat hujan mengguyuri tempat ini, jalan curam lagi licin serta ramai dikunjungi membuat sebuah kendala dalam perjalanan. Semua itu dapat terbayarkan setelah melihat air terjun cantik nan elok.

Berjarak lebih kurang 38 km dari kota Bogor hingga Pintu Gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Obyek wisata ini terdapat beberapa fasilitas pengunjung antara lain MCK, mushola, camping ground, shelter dan warung makan.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *