Richard Arkwright; Penemu Mesin Pintal Bertenaga Air

Richard Arkwright adalah penemu mesin pintal bertenaga air pertama di dunia pada 1769. Ia lahir di Preston Lancashire inggris pada 23 Desember 1732 dan meninggal di Cromford Derbyshire Inggris pada 03 Agustus 1792 pada umur 60 tahun. Richard Arkwright di juluki sebagai bapak sistem pabrik, pengusaha industri tekstil, dan perwira tinggi polisi di negara Inggris.

Mesin pemintal adalah mesin untuk memintal benang dari serat alami ataupun buatan. Richard Arkwright adalah penemu mesin pemintal tenaga air.  Setelah melalui perubahan ke tenaga air, Ia juga mempatenkan mesin carding yang dapat mengubah kapas mentah menjadi benang.

Richard Arkwright adalah seorang yang suka berkarya, ia adalah wiraswasta terkemuka dari Revolusi Industri. Pencapaian Arkwright adalah menggabungkan tenaga permesinan, buruh setengah terdidik, dan menggabungkan bahan baru kapas untuk dijadikan produksi besar-besaran benang lebih dari seabad sebelum Ford. Kemampuannya untuk mengorganisasi membuatnya lebih hebat dibandingkan orang lain pada masa itu.

Richard Arkwright adalah penemu sistem pabrik modern khususnya pemintalannya di Cromford pada 1771. Pabrik pintal benang ini adalah pabrik pertama di dunia yang bertenaga air dan dapat menghasilkan benang bermutu tinggi dengan cepat sekali. tapi pegawaainya mulai kuatir. Mereka mengira, bila produksi benang sudah terlalu banyak, mereka akan di pecat. Maka mereka lalu berontak dan menghancurkkan pabrik itu.

Berbagai hambatan dan rintangan dilaluinya untuk sukses menjadi seorang penemu. Setelah pabrik dihancurkan, dari berbagai pihak datang protes dan  tuduhan. Arkwright di tuduh mencuri hasil penemuan orang lain. Arkwright dibawa kepengadilan. Ia kalah, kemudian kehilangan hak patennya. Tapi karna sifatnya yang sabar dan suka humor, dan dengan bantuan sahabat-sahabatnya akhirnya ia dapat membuat industri pemintalan di beberapa tempat. Menjelang tahun 1789 ia mempunyai 8 pabrik pemintalan, yang lima buah terletak di Derbiyshire. 11 pabrik milik orang lain menggunakan mesin pintal buatan Arkwright. Pada tahun 1782 ia mempunyai 5000 karyawwan dan modal sebesar 200.000 atau kita-kira 269 juta rupiah.

Zaman sekarang seluruh dunia mengakui bahwa Arkwright-lah yang menemukan mesin piintal bertenaga air. ia bekerja 16 jam sehari. Karena tidak tamat SD, ia merasa harus mengejar ketinggalannya pada malam hari. Sampai umur 50 tahun ia belajar tata bahasa dan pengtahuan yang lain. Ia meninggal sebagai jutawan. 6 tahun sebelum meninggal pada 1786 ia menerima gelar bangsawan dari raja George III. |Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Richard_Arkwright, http://zethside.blogspot.co.id/, https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pemintal,

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − fourteen =