Teknik Lingkungan Mengadakan Praktikum Ke PDAM Way Sekampung Tegineneng

SEHUBUNGAN dengan mata kuliah Laboratorium Lingkungan (Labling), Fakultas Teknik Program Studi Teknik Lingkungan mengadakan praktikum dalam proses pembelajaran ke PDAM Way Sekampung di Tegineneng Lampung Selatan. Pada Selasa, 10 Mei 2016. Mata kuliah dengan tiga SKS ini harus dilengkapi dengan mengadakan praktikum. Praktikum ini bersifat wajib untuk seluruh mahasiswa/i teknik lingkungan yang mengambil mata kuliah Lambling. Praktikum ini juga dibimbing oleh dosen pengampu Dr Suharyono.

Dalam praktikum di PDAM Sekampung, enam belas mahasiwa/i teknik lingkungan yang mengambil mata kuliah Labling dibagi menjadi empat kelompok, yakni kimia, fisika, biologi dan sosial ekonomi dan budaya (Sosekbud). Kelompok fisika dan kimia menguji kandungan air dalam sungai Way Sekampung seperti Biological Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD), Dissolved Oxygen (DO), Power of Hydrogen (PH), Total Disolved Solid (TDS) dan Total Suspended Solid (TSS).

Sedangkan, kelompok biologi mengamati persebaran flora fauna darat dan air disekitar sungai Way Sekampung dan kelompok Sosekbud melakukan wawancara kebeberapa rumah untuk meminta data kelurga, budaya di sekitar PDAM Way Sekampung, dan pengaruh adanya PDAM bagi masyarakat sekitar.

“Diharapkan saat melakukan praktikum di tepi sungai Way Sekampung jaga omongan kita karena kita tidak tahu ada makhluk apa disana. Jangan sampai ada keluhan. Intinya kalian sendiri yang menjaga. Praktik di lapangan akan jauh lebih sulit dari teori yang diajarkan dalam ruangan perkuliahan,”kata aat, Penanggungjawab PDAM Way Sekampung.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − eight =