Kesan Cut Mengikuti Praktikum Ke PDAM Way Sekampung Tegineneng

FAKULTAS Teknik Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Malahayati mengadakan praktikum dalam proses pembelajaran laboratorium lingkungan. Praktikum laboratorium lingkungan dilaksanakan di PDAM Way Sekampung Tegineneng Lampung Selatan pada Selasa, 10 Mei 2016. Praktikum ini dibimbing oleh Dr Suharyono dosen pengampu mata kuliah laboratorium lingkungan.

Praktikum ini diikuti oleh enam belas mahasiwa/i Teknik Lingkungan yang mengambil mata kuliah laboratorium lingkungan. Salah satu diantaranya adalah Cut Mutiawati, mahasiwa TL angkatan 2014. Praktikum  laboratorium lingkungan ini dibagi menjadi empat kelompok, yakni kimia, fisika, biologi dan sosial ekonomi dan budaya (Sosekbud). Cut tergolong dalam kelompok praktikum empat, yaitu kelompok Sosial Ekonomi dan Budaya (Sosekbud).

“Saya senang bisa melakukan praktikum laboratorium lingkungan dengan Dr Suharyono dan teman-teman Teknik Lingkungan lainnya. Praktikum ini sangat unik menurut saya, karena saya memiliki tugas untuk bersosialisasi dengan mewawancarai 10 kepala keluarga masyarakat Way Sekampung,” ujar Cut.

Ia juga menambahkan, praktikum Laboratorium lingkungan yang ia ikuti di PDAM Way Sekampung ini sangat bermanfaat untuk memperdalam pengetahuan ilmu lingkungannya. Dalam kelompok Sosekbud ini Cut dan tiga temannya mewawancarai mengenai pengaruh negatif dan positif PDAM bagi kehidupan masyarakat Way Sekampung. Kelompok Sosekbut juga mengumpulkan data mengenai kebudayaan dan indek ekonomi masyarakat Way Sekampung tersebut.

“Harapan saya setelah mengikuti praktikum Labling ini, saya dan teman-teman dari kelompok Sosekbut serta teman-teman dari kelompok kimia, biologi dan fisika bisa menyelesai laporan praktikum dengan sukses. Semoga ilmu praktikum ini bermanfaat bagi kami semua di jurusan lingkungan ini. Semoga adik tingkat Teknik Lingkungan selanjutnya yang mengambil mata kuliah ini bisa melakukan pratikum juga di  PDAM Way Sekampung atau di PDAM lain,” kata Cut.

Seusai praktikum Cut dan teman-teman melajutkan perjalanan ke Kota Metro. Disana mereka beristirahat sambil makan siang dan salat berjamaah di masjid At-Taqwa Kota Metroe.

IMG_3975

Mengambil gambar di depan masjid At-Taqwa seusai salat Dzuhur

IMG_3981

Berfoto di depan masjid At-Taqwa yang indah dan megah seusai shalat Dzuhur

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =