Buku Adalah Jendela Dunia

Hari Buku Nasional diperingati setiap tanggal 17 Mei. Oleh sebab itu, marilah kita membudayakan membaca buku. Pasalnya buku merupakan sarana ilmu dan pengetahuan yang paling tepat dan akurat. Namun sebelum membaca buku yuk sama-sama kita pahami, apasih sebenarnya buku itu?

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman.

Awalnya buku pertama disebutkan lahir di Mesir pada tahun 2400-an SM dengan bahan dasar kertas papirus. Papirus sendiri adalah adalah sejenis tanaman air yang dikenal sebagai bahan untuk membuat kertas pada zaman kuno. Bentuk buku pertama yaitu berupa kertas papirus yang berisi tulisan dan digulung.

Namun  ada pula yang mengatakan bahwa buku sudah ada sejak zaman Sang Budha di Kamboja karena pada saat itu Sang Budha menuliskan wahyunya di atas daun dan kemudian membacanya berulang-ulang.

Pada Tahun 200-an SM Tsai Lun berhasil menciptakan kertas yang menjadi bahan dasar buku. Kertas membawa banyak perubahan pada dunia. Pedagang muslim membawa teknologi penciptaan kertas dari Tiongkok ke Eropa pada awal abad ke-11. Hal tersebut membuat industri kertas bertambah maju.

Seiring dengan perkembangan dalam bidang dunia informatika, kini dikenal pula istilah e-book atau buku-e (buku elektronik), yang mengandalkan perangkat seperti komputer meja, komputer jinjing, komputer tablet, telepon seluler dan lainnya, serta menggunakan perangkat lunak tertentu untuk membacanya.

Hari Buku Nasional diambil dari momentum peresmian Perpustakaan Nasional 35 tahun silam tepatnya di tahun 1980 oleh Menteri Pendidikan Nasional RI, pada saat itu Abdul Malik Fajar. |sumber: id.wikipedia.org

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *