23 Mei Hari Penyu dan Kura-Kura Sedunia

Rusaknya bumi menyebabkan banyak binatang semakin langka, terlebih lagi kura-kura dan penyu. Kerusakan tersebut mengakibatkan hilang habitat kura-kura. Selain itu, berkurangnya kura-kura dan penyu diakibatkan oleh ulah manusia yaitu oleh perburuan dan eksploitasi. Perburuan ini dilakukan untuk diambil daging, telur, kulit, dan tempurungnya.

Melihat semakin parahnya kondisi alam dan berkurangnya kura-kura, sejak tahun 2000, American Tortoise Rescue mencetuskan hari penyu dan kura kura untuk menarik perhatian warga dunia terhadap keberadaan penyu dan kura-kura serta mendorong manusia untuk menyelamatkan spesies yang terancam. Hari penyu dan kura-kura sedunia dirayakan di seluruh dunia pada 23 Mei dengan berbagai cara, mulai dari gerakan sosial, pembelajaran mengenai kehidupan kura-kura dan penyu, hingga pembuatan kerajinan tangan berbentuk kura-kura dan penyu.

Hal ini bertujuan untuk menyoroti keadaan binatang tersebut, meningkatkan pengetahuan dan memberikan rasa menghargai terhadap kura-kura. Hari raya ini juga dirayakan dengan berbagai cara di seluruh dunia, mulai dari berbusana layaknya kura-kura sampai pelepasan penyu ke pantai secara bersama-sama.

Bulan Mei dipilih untuk merayakan hari kura-kura Sedunia karena bulan ini adalah salah satu bulan tersibuk untuk kura-kura. Waktu saat kura-kura bangun dari tidur panjang selama musim dingin, mulai mencari pasangan dan tempat untuk bertelur.

Populasi kura-kura di seluruh dunia saat ini terus berkurang sebagai akibat dari perusakan habitat asli mereka akibat pembangunan, peningkatan kebutuhan kura-kura sebagai makanan, dan tingginya perdagangan kura-kura sebagai hewan peliharaan. Tingkat kematian telur-telur kura-kura sangat tinggi karena dimangsa oleh kepiting hantu, rakun, dan rubah. Jika kita tidak segera melakukan sesuatu secepatnya, dalam kurun waktu 50 tahun ke depan.

Kura-kura hanya akan punah dan hanya tercetak di buku-buku sekolah dan dalam film-film. Jadi pada perayaan Hari kura-kura sedunia ini, kita diingatkan untuk selalu menghormati dan melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan hewan unik ini.|Dari berbagai sumber.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 19 =