31 Mei, Hari Tanpa Tembakau Sedunia

HARI Tanpa Tembakau Sedunia diperingati di seluruh dunia setiap tahun pada 31 Mei. Gerakan ini menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam serentak di seluruh dunia.

Hari ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan. Diperkirakan kebiasaan merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa. Negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini pada tahun 1987. Dalam satu dasawarsa terakhir, gerakan ini menuai reaksi baik berupa dukungan dari pemerintah, aktivis kesehatan, dan organisasi kesehatan masyarakat, ataupun tentangan dari para perokok, petani tembakau, dan industri rokok.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia adalah salah satu dari banyak hari peringatan yang terkait dengan upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan kesehatan, termasuk diantaranya Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Hari AIDS Sedunia, Hari Donor Darah Sedunia, dan lain-lain. Peringatan ini telah ditetapkan oleh WHO sejak tahun 1987. Pada saat itu, WHO menetapkan ketetapan WHA40.38 yang menetapkan tanggal 7 April 1988 sebagai “Hari Dunia Tanpa Tembakau”. Pada tahun 1988, Ketetapan WHA42.19 ditetapkan yang menetapkan perayaan “Hari Dunia Tanpa Tembakau” pada setiap tahun pada 31 Mei.

Pada peringatan ini sepanjang tahun berikutnya, WHO akan mendorong pemerintah untuk memberikan perhatian khusus untuk melindungi perempuan dari usaha-usaha perusahaan rokok untuk memikat mereka ke dalam terus ketergantungan nikotin. Dengan upaya itu pemerintah dapat mengurangi jumlah penderita serangan jantung, stroke, kanker dan penyakit pernafasan. Dengan melakukan upaya ini maka akan timbul kesadaran akan pentingnya mengurangi penggunaan tembakau di kalangan perempuan, dan bertindak pada pengakuan itu, akan menyelamatkan banyak nyawa. |Dikutip dari berbagai sumber.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *