Pesan Sulastri dalam Hari Lingkungan Hidup

HARI Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 05 Juni. Hari Lingkungan Hidup sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif.

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

Sedangkan, Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Menurut Undang Undang No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Kehidupan kita tak pernah terlepas dari peran lingkungan, dan kalau bukan kita yang peduli siapa lagi? wajar saja jika sarjana FMIPA Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini tertarik dengan bidang ini. Wanita yang juga Megister Teknologi Agro Industri di Universitas Lampung (UNILA) ini bergabung dengan Universitas Malahayati sejak tahun 2005, Dra Sulastri MTA begitu nama lengkapnya.

Sulastri mengawali karirnya di Malahayati sebagai tenaga pengajar teknik lingkungan, dan pada tahun 2009 ia dipercaya untuk menjadi Kaprodi Teknik Lingkungan selama 2 periode yang akan berakhir pada februari 2017.

“Saya berharap di hari lingkungan hidup ini tidak akan terjadi kebakaran hutan kembali seperti peristiwa sebelumnya, saya juga perpesan agar anak anak teknik lingkungan dapat Memberikan edukasi kepada masyarakat, melakukan kerja nyata merevitalisasi lingkungan, menjaga kelestarian lingkungan, mengaplikasikan ilmu yang sudah di dapatkan di kampus ke masyarakat dan lingkungan sekitar. Mari hijaukan bumi kita dengan menanam pohon sebanyak banyaknya!,” ujar Sulastri.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *