Uraian Ceramah Menjelang Shalat Tarawih di Masjid Malahayati

MERDU adzan berkumandang terdengar dari Masjid Malahayati yang indah nan megah. Masjid ini bertepatan tepat dibelakang Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin (RSPBA) gedung A. Begitu ramai jamaah khususnya mahasiswa Universitas Malahayati yang turut hadir untuk melaksankan shalat isya dan tarawih di masjid.

Setelah melakukan shalat isya, dilanjutkan dengan ceramah yang dibawakan oleh Ustd. Sulaiman Muhammad. Ceramah ini bertemakan Ramadhan dan diawali dengan pembacaan surah al Ghafir (40).

Hidup artinya tenang. Islam menawarkan satu satunya solusi untuk menuju hidup tenang. Orang Yg beramal soleh hidupnya akan baik dan tenang. Amalan di bulan Ramadhan merupakan suatu pondasi. Seandainya semua bulan adalah bulan Ramadhan, sungguh istimewa dunia ini. Baik hidup di dunia maupun di akhirat.

Keutamaan bulan ramadhan ialah karena janji allah untuk orang yang berpuasa dengan sungguh sungguh agar menjadi orang orang yang bertaqwa seperti halnya surah Al Baqarah ayat 183, yang artinya “Hai orang orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan bagi orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”. Keuntungan orang yang bertaqwa ialah mendapat jalan keluar bagi setiap permasalahannya, hidup yang berkecukupan dan hidupnya akan diberkahi. Tidak ada cerita seseorang menderita penyakit macam macam diakibatkan karena berpuasa. Penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh makanan itu sendiri bukan karena berpuasa.

Bulan ini merupakan bulan yang penuh berkah, dan semoga tak hanya bulan ramadhan, bahkan sesudah usai bulan ramadhan pun harus tetap dan dapat melanjutkan amalannya. Usai ceramah, dilanjutkan dengan pelaksanaan shalat tarawih 8 rakaat dan dilanjutkan dengan shalat witir 3 rakaat. 

Begitulah suasana shalat tarawih di Masjid Universitas Malahayati. Walaupun lelah dan sibuk setelah melaksanakan perkuliahan seharian, tetapi mahasiswa Malahayati tetap semangat dan beramai-ramai melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid Universitas malahayati.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *