21 Juni Diperingati Sebagai Hari Krida Pertanian

HARI Krida Pertanian (HKP) diperingati pada 21 Juni setiap tahunnya. Peringatan Hari Krida Pertanian yang ke-44 pada tahun 2016 ini menjadi wujud apresiasi dan penghargaan kepada para petani, peternak dan pekebun, serta seluruh pelaku pertanian, yang telah bekerja keras menyediakan pangan bagi seluruh rakyat dan menghasilkan berbagai komoditas produk pertanian. Selain itu,  hal ini juga dimaknai sebagai momentum untuk mawas diri semua insan pertanian untuk introspeksi terhadap semua kekurangan dan kesalahan, serta mengupayakan perbaikan dan peningkatan di masa mendatang.

Pada peringatan Hari Krida Pertanian kali ini mengandung makna bahwa sebagai bangsa yang bermartabat , Indonesia harus mampu mandiri di bidang pangan. Kekuatan potensi sumberdaya pertanian harus mampu dikembangkan untuk mencapai kedaulatan pangan.

Para petani yang sedang memanen padi

Potret para petani yang sedang memanen padi

Potret para nelayan

Potret para nelayan

Tujuan diambilnya tanggal 21 Juni ini mempunyai latar belakang seperti ini:

ditinjau dari sisi astronomis, pada tanggal 21 Juni adalah posisi di saat matahari memberikan tenaga kehidupan bagi tumbuh-tumbuhan, binatang dan manusia, berada pada garis Balik Utara (23 ½° LU), pada saat itu keadaan proses produksi tanaman berakhir dan akan dimulai untuk persiapan produksi selanjutnya sehingga para petani akan menyatakan syukur atas panen raya, berdasarkan sistem pembagian musim yang disebut Pranata Mangsa, yaitu suatu sistem pembagian musim (12 musim) yang diuraikan secara lengkap meliputi hujan, angin, serangga, penyakit unggas, dan lain sebagainya. Sehingga tanggal 21 Juni dianggap sebagai permulaan musim dan masa yang baik untuk penanaman kembali.

Maka, bisa juga di hari ini, dianggap sebagai hari bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbangga hati sejenak. Seraya melakukan reboisasi, memeperbaiki irigasi, dan lain-lain. Dari sini, Hari Krida Pertanian merupakan hari penghargaan kepada orang, keluarga dan masyarakat yang dinilai berjasa dan berprestasi dalam pembangunan bangsa dan negara, khususnya pembangunan di sektor pertanian. | Sumber : https://id.wikipedia http://setjen.pertanian.go.id/

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 7 =