Materi Fraktur Alat Gerak Dalam Workshop TBM Coronarius

TIM Bantuan Medis (TBM) Coronarius Malahayati adakan Workshop di Ruang Malahayati Career Centre (MCC), Sabtu 25 Juni 2016. Kegiatan ini mengusung tema “Improve Your Skills In Handling Emergency Trauma”. Workshop ini menghadirkan pemateri langsung dari Badan Search And Rescue (SAR) Nasional (Basarnas).

Kegiatan yang dibuka oleh ketua umum TBM ini dilanjutkan dengan pemberian materi dari Denny Iryansyah Mezu SI Kom MM, Instruktur SAR dari Basarnas. Ada tiga materi yang disampaikan, yaitu tentang Fraktur Alat Gerak, VAR dan 10 Cedera Alat Gerak. Tak hanya materi, praktek dan simulasi dari tema workshop ini pun dilakukan.

Dalam materinya yang pertama, pemuda yang akrab disapa Denny ini menjelaskan mengenai cedera alat gerak, dimana dalam sistem rangka alat gerak berfungsi untuk membentuk tubuh, melindungi organ penting, pergerakan tubuh dan membentuk sel darah merah. Sedangkan cedera pada alat gerak seperti patah tulang atau terputusnya jaingan tulang baik tertutup maupun terbuka.

Dan cara menangani cedera alat gerak ini dilakukan dengan pembidaian, guna mencegah pergerakan sendi ata bagian tulang yang patah, mengurangi rasa sakit dan derita, mengurangi kerusakan pada jaringan lunak, mencegah patah tulang tertutup menjadi patah tulang terbuka dan membantu mengatasi pendarahan.

Berikut materi selanjutnya:

MATERI FRAKTUR ALAT GERAK TBM MALAHAYATI 2016

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =