Universitas Malahayati Gandeng USU Medan, Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Universitas Malahayati-Bandar Lampung kini memperkuat jalinan hubungan dengan berbagai perguruan tinggi ternama. Di antaranya yang paling baru adalah penandatanganan naskah kerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Kegiatan ini berlangsung di Biro Rektorat USU Medan, pada Selasa 22 Juni lalu. “Ini adalah wujud keseriusan Universitas Malahayati untuk terus meningkatkan kualitasnya,” kata Rektor Universitas Malahayati, Dr Muhammad Kadafi SH MH di Bandar Lampung, Senin 27 Juni. (Klik Info Pendaftaran Universitas Malahayati)

Dr Kadafi menjelaskan, selain Universitas Malahayati ada empat perguruan tinggi lagi yang meneken kerjasama ini. “Semuanya kampus-kampus yang didirikan Bapak H Rusli Bintang,” katanya.

Adapun perguruan tinggi yang mengikat kerjasama dengan USU ini adalah Universitas Malahayati – Bandar Lampung, Universitas Batam – Batam, Universitas Abulyatama – Aceh, Institut Kesehatan Indonesia (IKI) – Jakarta, dan Universitas Medan Internasional (UMI) – Medan.

Seluruh rektor dari kampus-kampus itu ikut hadir dalam proses penandatanganan kerjasama ini. Bahkan dari USU langsung rektornya yaitu Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum.

Adapun rektor lainnya adalah Dr. Muhammad Kadafi SH MH (Rektor Universitas Malahayati), Prof Novirman Jamarun (Rektor Universitas Batam), Ir R Agung Efriyo Hadi MSc PhD (Rektor Universitas Abulyatama), dan Prof Umar Fahmi Achmadi dr MPH PhD (Rektor IKI Jakarta).

Sedangkan UMI Medan diwakili langsung oleh Ketua Yayasan Gemintang Griya Gemintang Husada Mandiri (Badan Hukum UMI Medan), Dr Kadafi. Saat ini, UMI Medan sedang menyelesaikan sejumlah proses untuk beroperasinya universitas.

Prof Runtung Sitepu, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa kerjasama ini adalah lanjutan dari kerjasama terdahulu.  “Sebelumnya, kerjasama antara USU dan Uniba (Universitas Batam) sudah terjalin saat USU dipimpin Rektor Prof. Syahril Pasaribu,” katanya. Kerjasamanya adalah untuk meningkatkan pendidikan di Kabupaten Nias Selatan (Nisel) Sumatera Utara.

Kerjasama itu bertujuan untuk pengembangan institusi dan peningkatan program kedua belah pihak. Selain itu, kerjasama ini juga untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang selanjutnya akan memberi nilai tambah pada mahasiswa, dosen, mapupun pihak lain.

Kali ini, USU memperluas wilayah kerjasama dengan lima universitas itu, yaitu melaksanakan segala bentuk kegiatan penelitian di semua bidang Ilmu pengetahuan, termasuk kegiatan publikasi karya ilmiah hasil penelitian; dan melaksanakan segala bentuk kegiatan pengabdian masyarakat, serta segala bentuk kegiatan lainnya berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Mewakili lima perguruan tinggi itu, Dr Kadafi menyatakan sangat berterimakasih pada USU. “Kami tentu sangat bangga. USU adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia. Kepercayaan ini tentu harus kami jawab dengan terus meningkatkan kualitas kampus,” kata Dr Kadafi.

Dr Kadafi menambahkan, “selama ini kami memang selalu berbebah diri, meningkatkan berbagai sarana dan prasarana akademik dan pendukungnya. Kita harus mengikuti perkembangan zaman yang selalu menuntut berbagai perbaikan dan perubahan.” []

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 15 =