Kesan Nezla Saat Mudik Mengesankan Ke Banten

TAK terasa kini sudah dipenghujung Bulan Ramadhan sekaligus awal dari liburan panjang semester genap. Hati ini mulai tak sabar untuk memulai liburan bersama keluarga kecil di kediaman rumah. Aku, Nezla Anisa Ningrum. Salah satu mahasiswi Teknik Lingkungan Universitas Malahayati asal Banten, ingin membagikan sedikit pengalaman saat perjalanan pulang.

Terik sang surya mulai menyinari kota Bandar Lampung. Mulai teramat panas dan haus meyengat. Berpuasa pun tak menjadi suatu halangan untuk tetap pergi di siang hari nan terik. Kini aku pulang bersama Wawan, begitu nama akrabnya. Salah satu mahasiswa asal Banten dari Fakultas Kesehatan Masyarakat yang juga berkuliah di kampus yang sama. Dengan mengendarai sepedah motor, berpakaian lengan panjang dan helm menjadi suatu keharusan saat berkendara jauh.

Saat perjalanan menuju Pelabuhan Bakauheni, kita menyempatkan diri untuk beristirahat dan berbuka puasa di salah satu rumah kawan di Kalianda tepatnya di belakang Gunung Rajabasa. Setelah kami berbuka puasa, Terlihat orang rumah tengah sibuk mengeprek cengkeh, begitu bahasanya. Yakni memisahkan cengkeh dari batang dan daunnya. Cengkeh merupakan hasil sumber daya alam khas lampung. Cengkeh dapat diolah untuk bahan membuat rokok dan bumbu dalam suatu masakan.

Tak terasa setelah membantu, kita pun melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Bakauheni. Ditemani gelapnya malam sepanjang jalan, taburan bintang dilangit dan angin yang terus menerpa kita. Hingga sesampainya dikapal, kita pun dapat beristirahat dibawah atap langit bertabur bintang, tenang dalam alunan ombak senada. Dan kini lelah pun hilang terbawa oleh hembusan angin laut.

Semua lelah dan keringat akan terbayar ketika kita sudah bertemu sanak keluarga di rumah. Peluk cium keluarga ternyata dapat memulihkan energi dalam tubuh. Bersyukur dapat kembali dengan selamat dan bertatap muka. Senyum melebar dari parasnya terlihat sudah merasa lega karena mengkhawatirkan kepulangan anaknya yang jauh merantau.

Aku berharap, untuk selalu menjaga tubuh tetap fit saat berkendara jauh saat perjalanan mudik. Jika lelah istirahat dan pilih kendaraan yang aman saat mudik. Gunakan pakaian dan peralatan untuk menjaga kesehatan karena cuaca dan terhindar dari bahaya. Yang wajib diingat adalah jangan lupa berdoa sebelum berkendara dan bersyukur jika selamat sampai tujuan.[]

C360_2016-06-25-17-45-17-499 C360_2016-06-25-17-45-08-197 C360_2016-06-25-17-45-34-135

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *