Ana Mariza; Jurnal “Hubungan Pendidikan dan Sosial Ekonomi dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di BPST Yohan Way Halim Bandar Lampung tahun 2015”

ANGKA anemia dalam kehamilan menujukan nilai cukup tinggi, yaitu angka kematian kehamilan 3,8% pada trimester I, 13,6% trimester II, 24,8 pada trimester III, Sekitar 70%. Dampak anemia yaitu bahaya selama kehamilan yaitu dapat terjadi abortus, persalinan prematuritas, hambatan tumbuh kembang janin dalam rahim, mudah terjadi infeksi, ancaman dekompensasi kordis (Hb <6 gr%) hiperemesis gravidarum, perdarahan antepartum dll. Penyebab anemia tersering adalah megaloblastik yang dapat disebabkan oleh defisiensi asam folat dan defisiensi vitamin B12, penyebab anemia lainnya yang jarang ditemui antara lain adalah hemoglobinopati, proses implamasi toksositas zat kimia, dan keganasan (Prawirohardjo 2009).

Berdasarkan data tersebut, Ana Mariza SST MKes melakukan penelitian yang tercantum dalam jurnal “Hubungan Pendidikan dan Sosial Ekonomi dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di BPST Yohan Way Halim Bandar Lampung tahun 2015”.

Tujuan umum diketahui Hubungan pendidikan dan sosial ekonomi dengan kejadian anemia pada ibu hamil di BPS Hertati T Yohan Way Halim Bandar Lampung tahun 2015.

Baca selengkapnya:

Jurnal Ana Mariza

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *