Astriana; Jurnal Hubungan Tingkat Pengetahuan Pusat Informasi dan Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja dengan Pemanfaatan PIK-KRR di Madrasah Aliyah Al-Makmur Kecamatan Wonosobo Kab. Tanggamus

PUSAT informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja (PIK-KRR) adalah suatu wadah atau tempat
kegiatan untuk memperoleh informasi dan konsultasi bagi remaja yang mempunyai masalah kesehatan khususnya masalah kesehatan reproduksi, di MA siswa yang kurang memanfaatkan PIK KRR sebanyak 50 orang (70.4 %).

Tingkat pengetahuan remaja di indonesia tentang kesehatan reproduksi masih rendah, khususnya dalam hal cara melindungi diri terhadap risiko kesehatan reproduksi, seperti pencegahan kehamilan tidak di inginkan (KTD), infeksi menular seksual (IMS) dan HIV/AIDS, hasil survei kesehatan reproduksi remaja (SKRRI) tahun 2013-2014 yang dilakukan BPS memperlihatkan bahwa tingkat pengetahuan dasar usia 15-24 tahun tentang ciri-ciri pubertas sudah cukup baik, namun dalam hal pengetahuan tentang masa subur, risiko kehamilan,aborsi, dan anemia relatif masih rendah.

Berdasarkan hasil prasurvei yang telah dilakukan pada tanggal 24 Maret 2015, didua sekolah menengah atas yaitu SMAN 1 dan MA Al- Ma’mur yang ada dikecamatan wonosobo kabupaten tanggamus mayoritas siswa kurang memanfaatkan pusat informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja (PIK-KRR). Hal ini lah yang mendasari Astriana, Dosen Universitas Malahayati melakukan penelitian yang tertuang dalam jurnal yang berjudul “Hubungan Tingkat Pengetahuan Pusat Informasi dan Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja dengan Pemanfaatan PIK-KRR di Madrasah Aliyah Al-Makmur Kecamatan Wonosobo Kab. Tanggamus”.

Dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan pusat informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja dengan pemanfaatan pusat informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja (PIK-KRR) di MA AL-Makmur kecamatan wonosobo, kabupaten Tanggamus Tahun 2015.

Baca selengkapnya:

Jurnal Astriana

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =