Dessy Hermawan, Rahma Eliya dan Eka Trismiana; Jurnal Pengaruh Jus Mentimun Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di UPTD Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha Kecamatan Natar Kab. Lampung Selatan tahun 2015

HIPERTENSI merupakan penyakit yang sering dijumpai di masyarakat maju, baik pria ataupun wanita, tua ataupun muda bisa terserang penyakit ini, dan gejalanya tidak terasa. Penyakit ini disebut sebagai silent diseases dan merupakan faktor risiko utama dari perkembangan atau penyebab penyakit jantung dan stroke. Bila tidak terkontrol akan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh lainnya, seperti otak, ginjal, mata dan kelumpuhan organ-organ gerak (Ridwan, 2009).

Berdasarkan hasil data pra survey pada tangga 10-15 Februari 2015 di UPTD Panti Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, terdapat 10 lansia yang mengatakan suka mengkonsumsi jus mentimun, dari 10 lansia, terdapat 7 lansia setelah mengkonsumsi jus mentimun yang awalnya tekanan darahnya 210/120 mmHg kini menjadi 180/110 mmHg, dan berdasarkan data wawancara yang peneliti lakukan terhadap petugas kesehatan, terdapat 4 petugas kesehatan yang mengatakan setiap pagi dan sore jatah makanan lansia selalu diberikan makanan mentimun.

Hal itu yang membuat Dr Dessy Hermawan SKep MKes, Rahma Eliya dan Eka Trismiana melakukan penelitian yang disajikan dalam sebuah jurnal yang berjudul “Pengaruh Jus Mentimun Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di UPTD Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha Kecamatan Natar Kab. Lampung Selatan tahun 2015“. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jus mentimun pada penderita hipertensi. Dan diharapkan kepada petugas kesehatan agar dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan melalui pendidikan kesehatan, sehingga petugas kesehatan dapat membantu menurunkan angka kejadian hipertensi.

Baca selengkapnya:

Dessy Hermawan, Rahma Eliya, Eka Trismiana

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + thirteen =