Anita Bustami, Titik Sunarti dan Rosmiyati; Jurnal Faktor Risiko Yang Berhubungan dengan Kematian Perinatal di Kabupaten Lampung Utara tahun 2014

DERAJAT kesehatan masyarakat digambarkan melalui angka kematian bayi (AKB), angka kematian balita(AKABA), Angka kematian ibu (AKI) dan angka morbiditas dan angka beberapa penyakit Angka kematian maternal dan angka kematian bayi merupakan ukuran bagi kemajuan kesehatan suatu negara, khususnya yang berkaitan dengan masalah kesehatan ibu dan anak. Angka kematian perinatal merupakan indikator yang mencerminkan status kesehatan ibu dan bayi baru lahir (Kemenkes, 2012).

Angka kematian balita (AKB) merefleksikan kondisi mortalitas Hasil data Dinas Kesehatan Lampung Utara tahun 2012 terdapat 48 kasus kematian perinatal. Tahun 2013 terdapat 37 kasus kematian perinatal (Profil Dinas Kesehatan Lampung Utara, 2013). Tahun 2014 terjadi peningkatan yang signifikan dari angka kematian perinatal yaitu sebesar 101 kasus.

Hal itu yang mendasari Anita Bustami, Titik Sunarti dan Rosmiyati melakukan penelitian yang dituangkan dalam jurnal penelitian dengan judul “Faktor Risiko Yang Berhubungan dengan Kematian Perinatal di Kabupaten Lampung Utara tahun 2014“. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor risiko yang berhubungan dengan kematian Perinatal di Kabupaten Lampung Utara tahun 2014.

Baca selangkapnya:

Jurnal Penelitian; AnitaB_TitikS_Rosmiyati

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 3 =