Destinasi Kampung Lamteuba Sebagai Tempat Wisata Aceh

KEINDAHAN tiada dua, bagaikan lukisan dari Sang Maharaja begitulah destinasi kampung Lamteuba. Paparan sawah bak ambal yang tergerai lepas di alam bebas. Suasana pengunungan dan alam yang masih asri menambah keindahan tempat ini. Suara air yang mengalir di sungai Lamteuba membuat perasaan tenang dan makin terhanyut untuk menikmati keindahan kampung ini. Air yang begitu jernih serta segar siap menghapus dahaga dan penat sehari-hari para pendatang yang berkunjung ke kampung Lamteuba.

Kampung Lamteuba merupakan salah satu kampung yang terletak di kecamatan Seulimeum Aceh Besar. Berdasarkan cerita dari tetua kampung ini mulanya adalah sebuah danau besar yang terletak dikaki gunung Seulawah Agam, danau tersebut kemudian dibelah menjadi dua bagian oleh ulama Aceh Putromerehom. Belahan pertama dari danau itu diberi nama Kuta cot puteng dan belahan danau yang kedua ini kemudian dibuat sebuah lubang (sumur) dengan Lam Tabai oleh Tuan Ta Hasan bersama ulama Aceh lainnya.  kemudian danau tersebut mengering dan menjadi sebuah kampung Lamteuba.

Sedangkan sumur tersebut sampai saat ini masih ada dan di jadikan sebagai tempat wisata yang dikenal dengan nama Mon Tuan Ta Hasan. Mon Tuan Ta Hasan merupakan tempat pemandian bagi kaum perempuan di kampung lamteuba. Selain Mon Tuan Ta Hasan, kampung ini juga memiliki banyak wisata alam diantaranya pemandian air panas, sungai dengan lumpur hitam dan keindahan gunung Selawah dengan panorama alam yang tiada habisnya.

555f3e720423bd1f158b456a

Wisata air panas lamteuba

Pemandian air panas di kampung lamteuba ini adalah pilihan yang sangat tepat untuk berlibur dan merelaksasi tubuh dari keletihan dan air panas ini juga berfungsi sebagai obat. Disinilah anda bisa berendam sambil menikmati pemandangan alam yang begitu indah.

Selain itu, bagi Anda yang senang dunia fotografi atau hobi berfoto, disinilah salah satu tempat yang cocok bagi Anda. Panorama dan pemandangan ini berkonfigurasi pengunungan, persawahan dan sungai. Anda juga bisa camping fun bersama teman dan keluarga di gunung Selawah. Anda juga bisa melihat keunikan dari rumah panggung/ rumah adat Aceh yang dijadikan sebagai tempat tinggal oleh beberapa penduduk kampung lamteuba. Rumah ini didesain berbentuk panggung agar mudah saat ingin pindah rumah.

Berikut beberapa potret tempat wisata dan keindahan kampung lamteuba :

Kolam_Air_Panas_3

Kolam Pemandian air panas Lamteuba

gambar-4-rawa-gambut-indonesia-sumber-840x420

Hutan lamteuba yang begitu asri

pemandian-air-panas-ie-suum-aceh-besar_2

Pemandangan alam dari kolam pemandian air panas Lamteuba

Sungai dengan lumpur hitam

Wisata Sungai lumpur hitam, lumpur yang diyakini bermanfaat sebagai obat

Beginilah destinasi kampung Lamteuba di Aceh Besar sebagai tempat wisata alam yang sangat cocok untuk dikunjungi. |Sumber: wikipedia.com dan dikutip dari berbagai sumber

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 5 =