Berlibur Sekaligus Aksi Pemungutan Sampah dan Observasi Aksi di Curug

SEHUBUNGAN dengan panjangnya liburan perkuliahan semester genap, kini seorang Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati, Nur Rohmat Soni Setiawan asal Banten memanfaatkan liburannya untuk kegiatan sosial di Curug Gendang dan Curug Putri, Anyer, Banten. Kegiatan ini selain betujuan untuk berlibur, tetapi sekaligus melakukan aksi pemungutan sampah dan observasi aksi dari kaum Vandalisme.

Menurut wikipedia, Vandalisme adalah suatu sikap kebiasaan yang dialamatkan kepada bangsa vandal. Pada zaman romawi kuno, yang budayanya antara lain: perusakan yang kejam dan penistaan segalanya yang indah atau terpuji. Tindakan yang termasuk di dalam vandalisme lainnya adalah perusakan kriminal, pencacatan, grafiti, dan hal lainnya yang mengganggu mata. Pada umumnnya vandalisme yang sering terjadi adalah kegiata mencorat-coret batu alam, tembok, papan, atau fasilitas umum lainnya. Yang berdampak pada merusak lingkungan/ mencemari lingkungan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjaga bumi kita. Menjaga bumi bukan hanya di hari besar saja. “Kami sekeluarga sudah mulai membiasakan agar tidak membuang sampah sembarangan. Tak hanya di gunung dan laut. Tetapi semua tempat kita sudah membiasakan buang sampah pada tempatnya. Terutama sampah plastik yang sulit terurai,” ujar Wawan.

Pria yang akrab disapa Wawan ini berangkat dari rumah pukul 08.00 pagi bersama 9 orang dari sanak keluarga dan temannya. Sesampainya di post terakhir pukul 09.30 dan masih harus menempuh setengah jam dengan berjalan kaki. finish sepulangnya kami sampai rumah pukul 17.00. “Selama perjalanan kami mendapat sedikit halangan dikarenakan oleh jalan yang cukup licin untuk dilalui. sehingga kami terpeleset,” tambahnya.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − seven =