Dwi Urip Puji Rahayu, Yulina, Rahma Elya dan Ricko Gunawan; Jurnal Pengaruh Senam Diabetes Terhadap Penurunan Gula Darah Penderita Diabetes Militus, Di Puskesmas Rama Indra Kec.Sep.Raman, Kabupaten Lampung Tengah

Diabetesmilitus semakin menjadi beban kesehatan masyarakat, yang di tandai dengan meningkanya status penyakit ini kedalam urutan sepuluh penyakit terbanyak dan menjadi penyebab kematian ke tiga dalam golongan penyakit tidak menular setelah hipertensi dan stroke. Hal ini telah di perkirakan oleh WHO bahwa prevalensi diabetes militus dalam sepuluh tahun mendatang akan menjadi berlipat ganda, di Negara berkembang prevalensi penyakit ini menjadi menonjol perkembangannya dibandingkan negara maju. Prevalensi DM di Indonesia besarnya 1,2% – 2,3% dari penduduk usia lebih 15 tahun. Sedangkan di unit rawat jalan Puskesmas Rama Indra jumlah kasus DM tipe 2 mengalami peningkatan selama tiga tahun terakhir yaitu pada tahun 2010 45 kasus. Tahun 2011 87 kasus dan pada tahun 2012 118 kasus. Peningkatan kasus ini diiringi dengan meningkatnya peringkat penyakit tidak menular ke dalam sepuluh penyakit terbanyak.

Hal tersebut yang mendasari Dwi Urip Puji Rahayu, Yulina, Rahma Elya dan Ricko Gunawan melakukan sebuah penelitian yang tercantum dalam jurnal yang berjudu “Pengaruh Senam Diabetes Terhadap Penurunan Gula Darah Penderita Diabetes Militus, Di Puskesmas Rama Indra Kec.Sep.Raman, Kabupaten Lampung Tengah”

Berikut Selengkapnya 9. Dwi Urip

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *