Devi Kurniasari dan Yetti Amir Astuti; Jurnal Hubungan Antara Karakteristik Ibu, Kondisi Bayi dan Dukungan Sosial Suami Dengan Postoartum Blues pada Ibu Dengan Persalinan SC di Rumah Sakit Umum Ahmad Yani Metro tahun 2014

MELAHIRKAN merupakan karunia terbesar bagi wanita dan momen yang sangat membahagiakan, tetapi kadang harus menemui kenyataan bahwa tak semua menganggap seperti itu karena ada wanita yang mengalami depresi setelah melahirkan. Depresi setelah melahirkan ini adalah gangguan psikologis yang dalam bahasa kedokterannya disebut postpartum blues. Postpartum blues merupakan masa transisi mood setelah melahirkan yang sering terjadi pada 50-70% wanita pasca melahirkan. (Sujiyatini, dkk. 2010).

Kelahiran seorang anak akan menyebabkan timbulnya suatu tantangan mendasar terhadap struktur interaksi keluarga. Bagi seorang ibu, melahirkan bayi adalah suatu peristiwa yang sangat membahagiakan sekaligus juga suatu peristiwa yang berat, penuh tantangan dan kecemasan. Sehingga dapat dipahami bahwa mengapa hampir 70 persen ibu mengalami kesedihan atau syndrome baby blues setelah melahirkan. Sebagian besar ibu dapat segera pulih dan mencapai kestabilan, namun 13% diantaranya akan mengalami depresi postpartum (Sahrul, 2009).

Post partum blues merupakan gangguan efek ringan yang sering terjadi setelah persalinan. Apabila postpartum blues tidak kunjung reda akan berkembang menjadi depresi postpartum. Pada tahun 2013 dari bulan Januari-Mei terdapat 3 kasus ibu nifas dengan postpartum blues di RSU Ahmad Yani.

Hal ini yang membuat Devi Kurniasari dan Yetti Amir Astuti tertarik melakukan penelitian yang mereka tuangkan dalam jurnal yang berjudul “Hubungan Antara Karakteristik Ibu, Kondisi Bayi dan Dukungan Sosial Suami Dengan Postoartum Blues pada Ibu Dengan Persalinan SC di Rumah Sakit Umum Ahmad Yani Metro tahun 2014”. dengan tujuan diketahui hubungan antara karakteristik ibu, kondisi bayi dan dukungan suami dengan kejadian post partum blues.

Baca selengkapnya:

Jurnal Devi Kurniasari dan Yetti Amir Astuti

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 10 =