Toni Memilih Usaha yang Tak Mengganggu Jadwal Perkuliahan

MENJADI seorang pelajar atau mahasiswa bukan berarti menjadi halangan bagi kita untuk memulai usaha. Malah disaat usia seperti inilah jiwa usaha seorang pelajar atau mahasiswa harus lebih dikembangkan.

Terdapat banyak bisnis dan usaha yang ada saat ini. Akan tetapi tidak semua jenis usaha tersebut akan sesuai dengan pelajar. Hal tersebut dilihat dari faktor waktu, aktivitas, modal dan lain sebagainya. Karena faktor inilah, Toni Wahyu Wicaksono seorang mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2014 Universitas Malahayati memilih usaha menjual Roti Bakar Jawa Barat di jl. Hj Komarudin, depan ruko Polinela.

Toni menceritakan, aktivitas usahanya sebenarnya sudah dimulai sejak 2013. Ia mengaku sudah malu untuk meminta uang jajan kepada orangtuanya. Inilah yang menjadi tekadnya untuk memulai usaha. Selain untuk menambah uang jajan, ia pun dapat mengisi waktu luang dengan hal yang positif.

Diawali dengan niat dan tekad sendiri, ia mampu mempertahankan usahanya hingga sekarang tanpa mengganggu jadwal perkuliahannya. Ia mulai membuka usahanya pukul 4 sore atau setelah ia selesai kuliah. Dan tutup hingga pukul 10 atau 11 malam. Ia pun harus membagi waktunya untuk beristirahat agar selalu fit setiap harinya.

“Bagi yang bereminat dengan roti bakarnya bisa langsung dateng ke TKP. Dateng juga tak harus membeli, sekedar main, nongkrong atau ingin sharing-sharing juga boleh, siapa tau bermanfaat,” ujar toni.

Karena usaha inilah ia mendapat banyak teman atau kenalan dari penjual lainnya yang suatu saat pasti akan dibutuhkan. Menurutnya, semakin banyak teman atau kenalan, maka akan makin banyak sumber informasi. Seperti bagaimana menjalankan usaha selain roti bakar, mulai dari modal dan pendapatan mereka.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 3 =