Susi Eldayana, Aryanti Wardiyah dan Samino; Jurnal Hubungan Insentif Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional dengan Motivasi Kerja Pegawai Puskesmas Metro Tahun 2014

Motivasi adalah karakteristik psikologis manusia yang memberi kontribusi pada tingkat komitmen seseorang. Hal ini termasuk faktor-faktor yang menyebabkan, menyalurkan, dan mempertahankan tingkah laku manusia dalam arah tekad tertentu (Nursalam, 2014). Salah satu dampak dari motivasi kerja adalah disiplin kerja, seperti keterlambatan pegawai datang di tempat kerja, kurang bertanggungjawabnya pegawai terhadap pekerjaan, dan sebagainya. Hal ini juga terjadi pada tenaga-tenaga kesehatan baik di instansi pemerintah maupun swasta (Mangkunegara, 2008).

Hasil pra survey di Puskesmas Metro menunjukkan ketidakpuasan beberapa pegawai dengan penerapan Permenkes No. 19 Tahun 2014, yang hanya menilai berdasarkan tingkat pendidikan dan absensi, sedangkan masa kerja, beban kerja, prestasi kerja (kinerja) dan jabatan tidak diperhitungkan, sehingga beberapa pegawai merasa bahwa perhitungan tersebut sangatlah tidak adil, seperti Pegawai dengan latar belakang DIII Keperawatan dengan beban kerja dan resiko kerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan pegawai dengan latar belakang DIII Kesehatan lingkungan justru mendapatkan insentif yang sama, karena poin pendidikan adalah sama yaitu 40 poin. Atau antara pegawai yang memiliki masa kerja > 10 tahun akan menerima insentif yang sama dengan pegawai yang baru bekerja, hal ini menyebabkan menurunnya motivasi kerja yang ditandai dengan menurunnya disiplin kerja, sehingga pada saat pembagian insentif ada ketidak puasan antar pegawai. Berdasarkan absensi diketahui sebanyak 30% pegawai tidak masuk tanpa keterangan, serta 40% keluar di jam kantor bukan dalam kegiatan dinas.Hal ini juga terjadi di Puskesmas Sumbersari Bantul yang menunjukkan penurunan kinerja pegawai sejak diterapkan Permenkes No. 19 seperti adanya pegawai yang bolos kerja.

Berdasarkan hasil pra survey itulah yang membuat Susi Eldayana, Aryanti Wardiyah dan Samino melakukan penelitian yang dituangkan kedalam sebuah jurnal mengenai “Hubungan Insentif Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan Motivasi Kerja Pegawai Puskesmas Metro Tahun 2014“. Adapun tujuan penelitian ini adalah diketahui hubungan insentif dana kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan motivasi kerja pegawai Puskesmas Metro Tahun 2014.

Baca selengkapnya:

Jurnal Susi Eldayana, Aryanti Wardiyah dan Samino

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 12 =