Yulianti, Triyoso dan Linawati; Jurnal Hubungan Mutu Pelayanan dengan Motivasi Berkunjung Ulang pada Pasien Rawat Jalan di RSUD Demang Sepulau Raya Kabupaten Lampung Tengah

RUMAH sakit merupakan salah satu institusi yang menyediakan pelayanan kesehatan secara merata dengan mengutamakan sakit yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Pemanfaatan Rumah Sakit oleh masyarakat di Provinsi Lampung masih rendah, berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tahun 2012 didapat Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) masih rendah sekitar 54,8% masyarakat tidak membawa anggota keluarga yang sakit ke rumah sakit, sebesar 64,3% masyarakat lebih memilih mengobati penyakitnya sendiri daripada harus mendapatkan perawatan dan pengobatan ke RS.

RSUD Demang Sepulau Raya merupakan salah satu rumah sakit pemerintah penyedia jasa pelayanan kesehatan dan tempat rujukan tingkat Kabupaten Lampung Tengah dari tingkat pelayanan kesehatan dasar. Jumlah kunjungan ulang pasien ke RSUD Demang Sepulau Raya mengalami penurunan, jumlah kunjungan rawat jalan pada tahun 2010 sebesar 2000 (49,4%) dan menurun ditahun 2011 menjadi sebesar 1873 (47,4%), menurun lagi ditahun 2012 menjadi sebesar 1622 (45,2%) dan kemudin menurun lagi ditahun 2013 menjadi sebesar 1583 (44,3%). Data ini menunjukkan bahwa kunjungan ulang pasien untuk memanfaatkan kembali RSUD Demang Sepulau Raya sebagai tempat pelayanan masih rendah.

Hal ini lah yang membuat Yulianti, Triyoso dan Linawati Novika Sari melakukan sebuah penelitian yang tertuang dalam jurnal dengan judul “Hubungan Mutu Pelayanan dengan Motivasi Berkunjung Ulang pada Pasien Rawat Jalan di RSUD Demang Sepulau Raya Kabupaten Lampung Tengah“. Adapun tujuan penelitian ini adalah diketahui hubungan mutu pelayanan dengan motivasi berkunjung ulang pada pasien rawat jalan di RSUD Demang Sepulau Raya Kabupaten Lampung Tengah tahun 2014.

Baca selengkapnya:

Jurnal Yulianti, Triyoso dan Linawati

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *