31 Juli Diperingati Sebagai Hari Korps Pelajar Islam Indonesia

HARI Korps Pelajar Islam Indonesia diperingati pada 31 Juli setiap tahunnya. Pelajar Islam Indonesia merupakan organisasi Islam eksternal sekolah untuk para Pelajar hingga mahasiswa. Pelajar Islam Indonesia (PII) adalah organisasi yang berasaskan Islam dan berdiri Independent serta bergerak dibidang pendidikan.

PII didirikan sebagai usaha untuk kaderisasi muslim cendikia, dan pemimpin yang bergerak dalam bidang pendidikan dan kebudayaan yang sesuai dengan ajaran Islam. Pada awalnya gagasan Korps PII Wati lahir di Training Centre (TC) Keputerian PII se-Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 20-28 Juli 1963 di Surabaya. Dalam TC berkembang kesadaran kuat untuk meningkatkan peranan dan kualitas kader dan kepemimpinan PII Wati serta menghapus citra negatif peran PII Wati hanya sebagai pengelola konsumsi.

Fakta bahwa kesempatan bagi pelajar puteri untuk mengembangkan diri di PII relatif lebih terbatas dan pendek dibandingkan pelajar putra. Selanjutnya dalam sidang keputerian Muktamar PII X Juli 1964 di Malang, Koprs PII Wati Yogyakarta Besar diwakili St. Wardanah AR, Masyitoh Sjafei dan Hafsah Said mengajukan usulan pembentukan Koprs PII Wati. Sementara Sri Sjamsiar dari PB PII juga mengajukan usul serupa. Kedua usulan itu diterima dalam Muktamar tersebut. Akhirnya pada tanggal 31 Juli ditetapkan sebagai Hari lahir PII Wati.

Tujuan PII ini untuk menyempurnakan pendidikan dan kebudayaan yang sesuai dengan Islam bagi segenap Bangsa Indonesia dan umat manusia.| Sumber : piijepara.blogspot.co.id
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *