8 agustus Diperingati Sebagai Hari Ulang Tahun ASEAN Sedunia

HARI Ulang Tahun ASEAN Sedunia diperingati pada 08 Agustus setiap tahunnya. Peringatan Hari Ulang Tahun ASEAN kali ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1434 H yaitu satu hari yang penting dalam kalender umat Muslim. ASEAN adalah organisasi antar negara yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Lima negara dari negara-negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina dan Thailand mengadakan pertemuan (Konferensi) Pada 05 Agustus 1967 di Bangkok. Konferensi tersebut menghasilkan suatu persetujuan yang disebut dengan Persetujuan Bangkok pada 08 Agustus 1967.

“Tema tahun ini, Rakyat Kita, Masa Depan Kita Bersama, kami menekankan peran rakyat dalam upaya pembangunan komunitas ASEAN dan mempersiapkan pasca 015. Berbagai program dikelola bagi kaum muda, kami mempersiapkan mereka dengan atribut dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menghadapi tantangan hari esok,” kata pemimpin Brunei Darussalam, Sultan Hasanal Bolkiah, yang tahun ini menjadi Ketua Bergilir ASEAN. “Kepada seluruh umat Muslim ASEAN, saya mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri,” tambah Sultan.

Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh juga menyebut bahwa pada saat ini, ASEAN benar-benar focus pada pembangunan masyarakat menjadi sebuah komunitas yang bersama-sama menata masa depan.

“Hari ASEAN mengingatkan kita pada mimpi yang kini akan menjadi kenyataan,” kata Le Luong Minh dalam sambutannya. Sekretariat ASEAN memindahkan acara perayaan hari ulang tahun (HUT) menjadi tanggal 23 Agustus mendatang.

Di beberapa negara seperti Thailand, yang tidak terlalu terpengaruh pada perayaan Idul Fitri, Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan ASEAN Quiz, Pameran ASEAN yang juga menampilkan pemenang kompetisi melukis ASEAN. Mereka juga menggelar seminar “Komunitas ASEAN, Satu Visi, Multikulturalisme, dan bagaimana kita bisa hidup bersama?”

Di Myanmar, Presiden dan Wakil Presiden menyampaikan ucapan selamat.  Pada acara resmi juga diserahkan hadiah kepada para pemenang kompetisi menulis esai ASEAN oleh Menteri Pendidikan dan Menteri Luar Negeri Myanmar. Myanmar akan menjadi Ketua ASEAN tahun depan.

Hal serupa juga diselenggarakan di Filipina. Beberapa sekolah bahkan mengadakan aktivitas tersendiri. Vietnam, Laos, Kamboja mengadakan upacara pengibaran bendera ASEAN.  Sementara Singapura akan menyelenggarakan Hari ASEAN pada 15 Agustus. Hari ulang tahun ASEAN bertepatan juga dengan Hari Kemerdekaan Singapura.

Hari Ulang Tahun ASEAN merupakan salah satu hari bagi organisasi yang ada di Asia tenggara dan indonesia pun ikut di dalamnya, dengan adanya organisasi ini maka Indonesia pun mendapatkan banyak sekali manfaat berupa nyamannya melakukan berbagai kerjasama di bidang politik, ekonomi dan budaya.

|Sumber: www.tempo.com dan beberapa sumber lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *