Karier (Jabatan) Akademik Iskandar Muda (Part 2)

Selain untuk membangun karier akademik juga dilakukan diluar institusi dengan seijin pimpinan, yaitu sebagai dosen luar biasa dan seringkali menjadi pembicara di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Bahkan telah menghasilkan Buku Ajar ber-ISBN dan pernah sebagai dosen favorit di salah-satu Jurusan pada Fakultas Perguruan Tinggi Negeri. Ia pun juga menjadi Ketua Kelompok dan Penyaji Materi dalam simulasi ToT yang diselenggarakan oleh Kopertis II dan MPR RI yang pada akhirnya kelompoknya menjadi Juara 1, dimana pesertanya sebanyak 100 dosen dari berbagai PTS di Lingkungan Kopertis II. Dalam hal ini perlu diketahui juga bahwa ketika seorang dosen melakukan kegiatan akademik di luar institusi induknya (Home Base) dan kegiatan akademik tersebut bermanfaat, sudah tentu pula nama institusi induknya “terangkat”.

“Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam berkarier sebagai dosen dibutuhkan tiga hal; yaitu ikhlas, fokus dan konsistensi. Dengan ikhlas akhirnya timbul semangat dan kejujuran yang positif. Sedangkan fokus dibutuhkan pula ketika  menjalankan profesi dosen; artinya tidak hanya dibatasi dengan ruang dan waktu selagi ada kesempatan maksimalkan. Begitu pula dengan konsistensi ketika seorang dosen menjalankan profesinya, yang pada akhirnya terbentuk pembangunan moral integritas. Selain ketiga hal tersebut, banyak pihak juga mengatakan bahwa seorang dosen idealnya bukan hanya sebagai pengajar tapi juga sebagai pendidik,” ujar Iskandar Muda.

Setiap dosen mempunyai kewajiban berkarya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat), khusus berkarya dalam Bidang Penelitian yaitu karya ilmiah dalam bentuk jurnal. Semakin banyak jurnal yang dihasilkan dan semakin tinggi status jurnal tersebut (nasional, nasional terakreditasi, internasional bereputasi), maka semakin cepat pula kenaikan jabatan akademiknya. Semakin banyak dosen yang Lulus Serdos dan jabatan akademiknya tinggi tingkatannya (AA, L, LK, Prof) maka terbantu pula status institusinya (Home Base).

“Jadi jika ingin sukses untuk kepentingan pribadi dan institusi, mari banyak-banyak berkarya. Hal ini sebagaimana Hadits Rasulullah saw : Allah sungguh menyukai orang yang berkarya (HR at-Tabrani). Dengan kerendahan hati, isi tulisan ini bukan untuk menggurui terhadap rekan sesama dosen, tetapi hal ini untuk saling berbagi berdasarkan yang dialami dan ketentuan aturan hukum yang berlaku. Wassalamu’alaikum Wr. Wb,” tambahnya.

Berikut Direktori Akademik Iskandar Muda selengkapnya dapat diakses dibawah ini:

CV Iskandar Muda Ringkas

<- Sebelumnya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *