14 Agustus Diperingati Sebagai Hari Pramuka

HARI Pramuka diperingati oleh seluruh Pramuka Indonesia pada 14 Agustus setiap tahunnya. Tujuan diperingati hari pramuka di Indonesia untuk menciptakan bangsa yang berkarakter serta bermartabat dengan melalui kegiatan pramuka.

Pramuka itu sendiri berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya. Untuk identitas dari seorang pramuka yaitu mengenakan seragam berwarna coklat, serta simbol untuk pramuka Indonesia yakni tunas kelapa.

Secara formal gerakan pramuka itu sendiri lahir pada 20 Mei 1961, karena pada tanggal tersebut Pj. Presiden Republik Indonesia menandatangani Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961. Dengan adanya penandatanganan tersebut, maka seluruh kumpulan muda-mudi Indonesia berkumpul menjadi satu yang disebut dengan Gerakan Kepanduan Praja Muda Karana disingkat Gerakan Pramuka.

Namun demikian pada tanggal 14 Agustus 1961, Presiden Soekarno menyerahkan panji-panji Gerakan Pramuka kepada Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang pertama. Tanggal itulah yang kemudian diperingati menjadi Hari Pramuka.

Untuk itu, siapa yang tidak mengenal kegiatan pramuka yang merupakan kegiatan wajib di sekolah-sekolah. Kegiatan pramuka bukan hanya untuk orang dewasa saja yang berada pada pendidikan SMA/SMK, SMP, akan tetapi anak-anak SD pun juga mengikuti kegiatan tersebut.

Selamat menyambut Hari Pramuka Indonesia yang ke-55. Semoga semua ilmu yang kita dapat dari kegiatan pramuka masih melekat dan bermanfaat selama-lamanya.

|Sumber : www.wikipedia.org dan beberapa sumber lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *