Victor Hayes; Penemu WiFi Pertama Kelahiran Indonesia

VICTOR Hayes adalah penemu atau perancang beberapa standar WiFi pertama yaitu IEE 802.11a, 802.11b, dan 802.11g. Berkat jasanya dalam perkembangan teknologi WiFi, Vic dijuluki sebagai “Bapak WiFi Dunia”.

Ia akrab disapa Vic. Menurut Wikipedia, Victor Hayes lahir 31 Juli 1941 di Surabaya, saat itu masih berada di bawah pemerintahan Hindia Belanda. Bisa dibilang Vic hanya numpang lahir di Surabaya, sebab Vic Hayes hanya tinggal selama 4 tahun saja di Surabaya. Pada 1950 ia kembali ke Belanda dan menetap disana.

Meski hanya sekitar 4 tahun Vic Hayes tinggal di Surabaya sejak kelahirannya. Namun, kini dunia tetap mengenalnya sebagai “Bapak WiFi Dunia” kelahiran Surabaya.

Vic lulusan HTS “Amsterdam”, Amsterdam (Belanda) pada tahun 1957-1961. Menerima gelar BE tahun 1961 di Teknik Elektro dan Elektronika. Radio dan Petugas Radar di Angkatan Udara Kerajaan Belanda, 1962.

WiFi adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

Sumber: id.wikipedia.org dan berbagai sumber lain.

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *