Samuel Hahnemann; Bapak Pengobatan Alternatif

Christian Friedrich Samuel Hahnemann lahir 10 April 1755 di Meissen, adalah pencipta pengobatan alternatif yang sering disebut homeopati. Hahnemann belajar ilmu kedokteran selama dua tahun di Leipzig kemudian ia pindah ke Wina dan belajar selama sepuluh bulan.Dia lulus MD di University of Erlangen pada 10 Agustus 1779.

Hahnemann mahir dalam beberapa bahasa, termasuk Inggris, Perancis, Italia, Yunani dan Latin. Dia bekerja sebagai penerjemah dan guru bahasa, sampai akhirnya mendapatkan kemampuan lebih lanjut dalam “bahasa Arab, Siria, Chaldaic dan Ibrani”.

Homeopati adalah pengobatan alternatif yang diciptakan oleh Samuel Hahnemann pada abad ke-18. Teori dasar di balik homeopati adalah bahwa orang sakit dapat disembuhkan dengan menggunakan efek pantulan substansi yang menghasilkan gejala sakit pada orang sehat. Homeopati dipersiapkan dengan menambahkan banyak air dalam suatu substansi, mengocoknya, lalu mengambil sedikit air, menambahkannya ke banyak air, mengocoknya, dan proses ini diulang-ulang hingga 200 kali dalam beberapa pengobatan. Hahnmemann mengatakan ini akan mengeluarkan “kekuatan penyembuh yang ada pada obat”.

Samuel Hahnemann tidak puas dengan sistem pengobatan alopati yang sudah dia tekuni sejak masa pendidikannya di Fakultas Kedokteran di Jerman.Hal tersebut yang mendasari samuel meneliti sistem pengobatan homeopati

Pada tahun 1790 Dr.Hahnemann menterjemahkan sebuah buku berbahasa inggris karangan Dr.William Cullen  yang berjudul “ Cullen’s Materia Medika” ke dalam Bahasa Jerman. Dia menemukan teori yang berhubungan dengan aksi kulit pohon Peru (kulit pohon kina) dalam mengatasi malaria karena astringencynya. []

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *