Rohadi, M Ricko Gunawan, Iit Imas Masitoh dan Dian Prima Furqon; Jurnal Hubungan Pola Makan Dengan Sindroma Dispepsia Remaja Putri di SMP Neger I Karya Penggawa Kab Pesisir Barat Tahun 2013

DISPEPSIA merupakan kumpulan gejala berupa keluhan nyeri, perasaan tidak enak perut bagian atas yang menetap atau episodik disertai dengan keluhan seperti rasa penuh saat makan, cepat kenyang, heartburn, kembung, sendawa, anoreksia, mual, dan muntah. Berdasarkan ada tidaknyapenyebab dan kelompok gejala maka dispepsia dibagi atas dispepsia organik dan dispepsia fungsional (Tarigan, 2003).

Besarnya angka kejadian sindroma dispepsia pada remaja sesuai dengan pola makannya yang sebagian besar tidak teratur. Dispepsia dapat disebabkan oleh banyak hal (Harahap, 2009). Menurut Annisa (2009, dikutip dari Djojoroningrat, 2001), penyebab timbulnya dispepsia diantaranya karena faktor pola makan dan lingkungan, sekresi cairan asam lambung, fungsi motorik lambung, persepsi visceral lambung, psikologi dan infeksi Helicobacter pylori. Menurut Susanti (2011), sindroma dispepsia dipengaruhi oleh tingkat stres, makanan dan minuman iritatif dan riwayat penyakit (gastritis dan ulkus peptikum).

Dispepsia dapat disebabkan oleh banyak hal. Hasil wawancara awal yang dilakukan peneliti terhadap 10 orang Siswi SMP Negeri Karya Penggawa, maka ditemukan dari 10 siswa 6 diantaranya mengalami sindroma dispepsia. Hal inilah yang mendorong keinginan Rohadi, M Ricko Gunawan, Iit Imas Masitoh dan Dian Prima Furqon untuk mengetahui hubungan pola makan dengan sindroma dispepsia remaja putri Di SMP Negeri I Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2013 yang kemudian mereka tuangkan kedalam sebuah jurnal penelitian. Dengan tujuan diketahui hubungan pola makan dengan sindroma dispepsia remaja putri di SMP Negeri Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2013.

Baca selengkapnya:

9. Rohadi_Ricko_Iit

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *