Robby Candra Purnama; Jurnal Pengaruh Lama Penyimpanan Garam Beriodium Terhadap Kadar Iodium Secara Iodometri

ROBBY Candra Purnama, akrab disapa Robby, adalah dosen tetap Akademi Analis Farmasi dan Makanan (Akafarma) Putra Indonesia, Universitas Malahayati, Bandar Lampung yang juga Ketua Umum Malahayati Rider Community. Selain itu ia juga kerap menulis jurnal penelitian, salah satunya jurnal yang meneliti “Pengaruh Lama Penyimpanan Garam Beriodium Terhadap Kadar Iodium Secara Iodometri“.

Dalam hal ini membahas bahwa kekurangan iodium masih menjadi masalah besar di beberapa negara di dunia, khususnya negara-negara berkembang, karena semakin banyak gizi dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari maka semakin baik pula kemampuan manusianya. Garam merupakan salah satu media yang difortifikasi iodium, adapun garam yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah garam dengan bentuk kasar dan halus dengan penyimpanan yang berbeda-beda, ini akan berpengaruh terhadap kadar iodium pada garam konsumsi. Dan KIO3 merupakan zat oksidator, sehingga zat itu teredusi dengan penyimpanan dalam keadaan terbuka.

Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah lama dan cara penyimpanan garam beriodium secara terbuka dan tertutup berpengaruh terhadap kadar iodium. Baca selengkapnya:

jurnal Robby Candra Purnama [part 1]

jurnal Robby Candra Purnama [part 2]

jurnal Robby Candra Purnama [part 3]

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *