Frederick Grant Banting Penemu Insulin Menerima Hadiah Nobel Kedokteran

DAHULU jika orang telah didiagnosis dengan penyakit diabetes melitus maka hampir tak ada pengobatan bagi penderita diabetes dan kematian dini menjadi finalnya. Saat itu, satu-satunya pengobatan untuk diabetes adalah diet karbohidrat ekstra ketat dengan pembatasan konsumsi hanya 450 kalori per hari sehingga banyak pasien diabetes mengalami kelaparan, bahkan kondisi kelaparan tersebut menjadi sumber kematian baru bagi pasien selain akibat diabetes.

Frederick Grant Banting adalah dokter pertama di dunia yang menemukan insulin. Insulin adalah hormon yang mampu mengubah gula darah/glukosa menjadi gula otot/glikogen yang dihasilkan pada pankreas. Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan penyakit diabetes. Frederick bersama asistennya Dr Charles Best memulai percobaannya dalam penemuan insulin dan hasilnya cukup menggembirakan. Dibantu Macleod serta seorang ahli kimia James Collip melalui tehnik ekstraksi insulin ternyata mampu menghasilkan ekstrak insulin yang berguna seperti sekarang, lalu memproduksinya secara besar-besaran melalui kultur jaringan dengan bantuan mikro organisme. Sebelumnya, bagaimanapun, Banting telah menjadi sangat tertarik pada diabetes.

Tak sampai disini saja Frederick dan Dr Charles Best sebagai asistennya memulai suatu percobaan yang lebih lanjut dari penemuannya itu. Hingga akhirnya hasil tersebut tak mengecewakan. Seorang bernama Macleod yang menjadi ahli kimia James Collip juga turut membantu. Melalui teknik ekstraksi insulin mampu menghasilkan ekstrak insulin yang dapat berguna hingga saat ini. Bahkan dalam jumlah yang sangat besar juga dimanfaatkan melalui kultur jaringan. Tentu saja tak terlepas dari bantuan mikro organisme.

Begitu panjang proses tersebut hingga menjadikan sosok Frederick sangat begitu tertarik dengan hormon insulin ini. Salah satu usahanya ialah membaca beragam sumber informasi yang terlibat di dalam fokus tersebut. Bahkan seorang Profesor Fisiologi di Universitas Toronto yang bernama JJR Macleod dan kawan-kawannya memberikan fasilitas untuk eksperimental itu yang mengarah pada hormon insulin.

Hingga pada 1922 Frederick diangkat menjadi demonstrator senior di Universitas Toronto dengan bidang kedokteran. Tak hanya itu saja terdapat beragam penghargaan. Tahun 1923 Frederick Banting dan Macleod menerima hadiah nobel dalam bidang kedokteran.

Tahun 1941, tepatnya tanggal 21 Februari Frederick Banting meninggal dalam suatu kecelakaan pesawat pada saat dia dalam penerbangan di New Founland.

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *