Selamat Bersepedah dan Menikmati Hari Bebas Kendaraan Bermotor

HARI Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Car Free Day bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Tema penting dalam hari bebas kendaraan bermotor, adalah tinggalkan kendaraan bermotor di rumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor atau pun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang.

Tanggal 22 September ditetapkan sebagai perayaan HBKB Internasional. Isu mengurangi kendaraan bermotor dimulai sejak krisis minyak tahun 1977. Tetapi baru pada tahun 1994 isu tersebut mulai digencarkan dan digagas lebih serius. Pidato Eric Britton, Ilmuwan Politik dan Aktifis Lingkungan  pada Konferensi Internasional Asesibilitas Kota (International Ciudades Accesibles  Conference) di Toledo, Spanyol mengawali gerakan Car Free Day.

Baru pada 1995 terbentuklah forum nonformal Word Car free Day Consortium yang mendukung  gerakan HBKB di seluruh dunia. Pertama kali hajatan ini digelar di Inggris pada tahun 1997, selanjutnya di Perancis (1998) dan berkembang secara masif di Eropa pada tahun-tahun berikutnya hingga pada tahun 2000 menjadi gerakan global.

Gagasan utama yang dipromosikan dalam gerakan HBKB adalah mengembangkan transportasi massal, bersepeda dan berjalan kaki. Selanjutnya menumbuhkan kesadaran untuk bekerja dan belanja/ beraktivitas dengan jarak yang lebih dekat dengan rumah dengan demikian akan mudah diiakses dengan berjalan kaki.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =