Ini Dia Prosedur Umum dan Pelayanan KSM Universitas Malahayati

UNIVERSITAS Malahayati telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin (RSPBA) untuk memberikan kenyamanan kepada Mahasiswa Asrama. Salah satunya dengan memberikan Kartu Sehat Mahasiswa (KSM).

KSM adalah salah satu fasilitas yang diberikan Universitas Malahayati untuk memudahkan mahasiswa mendapatkan pengobatan saat sakit. Jadi, orang tua mahasiswa yang tinggal di asrama tidak perlu was-was apabila putra/putrinya sakit. Mereka akan ditangani oleh Pihak RSPBA secara gratis jika memiliki KSM.

Ini dia prosedur umum KSM:

  1. Periode masa berlaku program KSM sesuai dengan kalender akademik Universitas Malahayati periode masa berlaku sejak 1 Agustus 2016- 31 Juli 2019 (3 tahun).
  2. Pembayaran iuran tahunan program KSM berlaku sesuai dengan periode masa berlaku program KSM, jika pembayaran diluar jadwal masa berlaku KSM, maka tetap mengacu pada jadwal masa berlaku periode program KSM dimaksud.
  3. Waktu pendaftaran KSM dimulai pada 1 Agustus- 31 September 2016.
  4. Jika limit batas klaim sudah maksimum maka pemegang KSm tetap dilayani dengan melakukan pembayaran secara tunai.
  5. Jika terdapat kasus yang tidak dapat ditangani oleh RSPBA, maka akan dirujuk ke Rumah Sakit lain.
  6. Dan ketentuan lain yang tertuang dalam perjanjian kerjasama antara RSPBA dengan Universitas Malahayati.

Pelayanan kesehatan rawat jalan dilaksanakan secara berjenjang dengan sistem rujukan PPK I dan PPK II adalah RSPBA.

Berikut prosedur pelayanan KSM:

  1. Saat mendaftar rawat jalan di poliklinik RSPBA peserta KSM wajib mambawa kartu KSM Asli dan Fotocopy serta menunjukkan fisik kartu kepada perawat poliklinik untuk verifikasi nama peserta, nomor peserta dan photo peserta.
  2. Dalam keadaan darurat dapat langsung ke Istalasi Gawat Darurat (IGD) RSPBA dan apabila memerlukan rawat inap peserta KSM wajib membawa kartu KSM asli dan fotocopy maksimal 2 x 24 jam.
  3. Setelah pemeriksaan oleh dokter PPK I (dokter umum) peserta KSM mendapatkan resep obat yang dapat diambil di Instalalasi Farmasi RSPBA.
  4. Untuk indikasi medis yang memerlukan dokter PPK II (dokter spesialis), pemeriksaan Laboratorium, Radiologi dan Tindakan Operatif pemegang kartu KSM harus membawa surat rujukan dari dokter PPK I terlebih dahulu.
  5. Rawat inap atas rujukan atau persetujuan dari dokter PPK III dengan fasilitas sesuai program KSM yang diambil.

Bagi kalian yang ingin melakukan pendaftaran KSM, anda bisa datang ke depan kantor Green Dormitory, disana anda akan menemui petugas untuk mengisi formulir dan menyelesaikan administrasi.

Info lebih lanjut:

Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin (RSPBA) Lampung
Jalan Pramuka No.27 Kemiling- Bandar Lampung, Telp. (0721) 273601, Fax. (0721) 273597,
Call center: 0828 8080 8080

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 14 =