Mahasiswa Diharuskan Untuk Peka Terhadap Permasalahan Bahari Yang Terjadi

Pada 23 September merupakan peringatan Hari Bahari.Namun apakah  kita sudah memahami apa Hari Bahari? Mungkin perayaan hari bersejarah ini hanya dirayakan oleh insan-insan tertentu, atau sebagian kecil dirayakan oleh universitas dan masyarakat yang peka dan peduli akan keadaan laut kita.

Coba tanyakan kepada para nelayan, apakah makna Hari Bahari bagi mereka. Mungkin hanya sebagian dari mereka yang  peduli dengan adanya Hari Baharidan sangat peduli dengan keadaan laut Republik ini. Bagi mereka, kesejahteraan merupakan hal yang terpenting diatas segalanya. Namun realita yang terjadi adalah kebanyakan nelayan kita masih berada di bawah garis kemiskinan, miris melihat hal ini masih terjadi di Negara yang hampir tiga per empat wilayahnya merupakan hamparan luas lautan.

Sementara bagaimana sikap mahasiswa dalam menyikapi Hari Bahari ini?. Bukanlah sebuah prestasi ketika mahasiswa dapat merayakan Hari bersejarah tersebut, apalagi yang notabene merupakan mahasiswa yang bergelut dalam disiplin ilmu perikanan dan kelautan. Ketika para mahasiswa memaknai Hari Bahari hanya dengan berorasi, membagi-bagikan pamflet, dan mengumpulkan tandatangan, semua itu tidaklah cukup.

Mahasiswa harus peka terhadap realita yang terjadi di lapangan, bagaimana realita pengelolaan pesisir yang hingga sekarang belum maksimal dan terkesan tidak berbasis lokal. Apakah terasa tak malu ketika Hari Bahari ini kita rayakan, namun kita masih tidak peka terhadap realita yang terjadi.

Mari kita lakukan fungsi kontrol sosial kita sebagai mahasiswa yang merupakan mahasiswa perikanan dan ilmu kelautan. Tak hanya itu, seluruh golongan mahasiswa dan masyarakat pun wajib dalam melestarikan bahari. Dikarenakan hasil laut yang dihasilkan akan kita rasakan kembali. Lautan memang menjanjikan sesuatu yang luar biasa, namun hal itu tidak akan ada artinya kalau hanya sekadar tahu namun tidak bertindak.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *