Tia Mitrawati , Andoko dan Dessy Hermawan; Jurnal Hubungan Mobilisasi Dini Dengan Lamanya Penyembuhan Luka Pasien Pasca Operasi Apendiktomi Di Ruang Bedah Rsud Jend. A. Yani Metro

Berdasarkan data hasil presurvey yang diperoleh di Ruang Bedah Rumah Sakit Umum Daerah Jend. A. Yani Metro dari bulan Januari sampai Juni tahun 2014 sebanyak 88 pasien yang menderita apendisitis dan yang dilakukan operasi sebanyak 82, sebanyak 60 mengalami komplikasi perporasi, 50 pasien yang tidak melakukan mobilisasi memerlukan waktu lebih dari 5 hari perawatan luka sampai buka jahitan. Sedangkan 32 pasien yang melakukan mobilisasi dini memerlukan 3 sampai 5 hari perawatan luka sampai buka jahitan dan tidak ada komplikasi. Beberapa alasan dari penderita yang tidak segera melakukan mobilisasi adalah karena rasa sakit pada luka operasi, takut kalau dibuat bergerak jahitan pada luka operasi lepas sehingga penyembuhan luka menjadi lama, dan tidak tahu kalau sebenarnya sudah diperbolehkan untuk mobilisasi.

Berdasarkan data tersebut Tia Mitrawati , Andoko dan  Dessy Hermawan melakukan sebiah penelitian yang tercantum dalam jurnal yang berjudul “Hubungan Mobilisasi Dini Dengan Lamanya Penyembuhan Luka Pasien Pasca Operasi Apendiktomi Di Ruang Bedah Rsud Jend. A. Yani Metro”

Berikut selengkapnya 4-andoko_dessy

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *