Selamat Hari Habitat Sedunia 2016: Rumah Sebagai Peradaban

Hari Habitat Dunia (HHD) yang setiap tahunnya, tema yang diangkat pada peringatan Hari Habitat Dunia 2016 adalah “Housing at The Centre” yang diterjemahkan sebagai “Rumah sebagai Peradaban”. Tujuan dari Hari Habitat Dunia ini adalah merefleksikan keadaan perkotaan dan pemenuhan hak dasar untuk memiliki tempat tinggal yang memadai. Mengingatkan kepada dunia bahwa kita semua memiliki kekuatan dan tanggung jawab untuk membentuk masa depan kota-kota yang ada di Indonesia.

Habitat adalah tempat suatu makhluk hidup tinggal dan berkembang biak. Pada dasarnya, habitat adalah lingkungan fisik di sekeliling populasi suatu spesies  yang memengaruhi dan dimanfaatkan oleh spesies tersebut. Menurut Clements dan Shelford (1939), habitat adalah lingkungan fisik yang ada di sekitar suatu spesies, atau populasi spesies, atau kelompok spesies, atau komunitas.

Dalam ilmu ekologi, bila pada suatu tempat yang sama hidup berbagai kelompok spesies (mereka berbagi habitat yang sama) maka habitat tersebut disebut sebagai biotop.

Melalui Hari Habitat Dunia, kita, sebagai bagian dari masyarakat, harus memikirkan kembali kondisi permukiman perkotaan kita khususnya ruang-ruang publiknya. Sudahkah ruang publik di kota kita menjalankan fungsinya untuk masyarakat? Sudahkan ruang publik menjadikan kondisi perkotaan menjadi lebih baik? Dan apakah yang sudah kita lakukan, sebagai bagian dari permukiman perkotaan, untuk menjaga kota kita khususnya ruang publiknya? Kita bisa dan harus mencari solusi dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dan pertanyaan-pertanyaan lain selanjutnya karena kita semua memiliki kemampuan dan tanggung jawab terhadapa masa depan permukiman perkotaan kita.|Dari berbagai sumber

1 reply
  1. Jual Lemari Arsip
    Jual Lemari Arsip says:

    Ya benar kita sebagai manusia memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga kelangsungan dan keasrian lingkungan hidup kita. Jangan sampai kita malah menjadi makhluk yang merusak lingkungan karena kalau lingkungah hidup di sekitar kita rusak maka akan berdampak buruk pula bagi kelangsungan hidup kita.. Selamat Hari Habitat 2016.. ^_^

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *