John Gorrie; Penemu Air Conditioner

John Gorrie (3 Oktober 1803 – 29 June 1855) adalah seorang dokter, ilmuwan dan penemu. Ia lahir di Pulau Nevis di Kepulauan Leeward dari Hindia Barat pada 3 Oktober 1803, ia menghabiskan masa kecilnya di Carolina Selatan. Ia menempuh pendidikan medisnya di College of Dokter dan Ahli Bedah dari Distrik Barat New York di Fairfield, New York.

Pada tahun 1833, ia pindah ke Apalachicola, Florida, sebuah kota pelabuhan di pantai Teluk. Serta menjadi dokter residen di dua rumah sakit, Gorrie aktif di masyarakat. Pada berbagai waktu ia menjabat sebagai anggota dewan, Postmaster, Presiden Bank of Pensacola ini Apalachicola Branch, Sekretaris Masonik Lodge, dan salah satu vestrymen pendiri Gereja Trinity Episcopal.

Pada itu ada sebuah teori mengatakan bahwa udara yang buruk menyebabkan penyakit lazim dan berdasarkan teori ini ia dinginkan kamar dengan es dalam baskom dan digantung dari langit-langit, lalu menggunakan kipas angin sehingga hawa dari es tersebut dapat mendinginkan ruangan. 

Pada tahun 1845, ia menyerah praktek medis dan fokus mengejar proyek pendinginan. Pada tanggal 6 Mei, 1851, Gorrie diberikan Paten No 8080 untuk mebuat sebuah mesin es.

Gorrie berusaha untuk mengumpulkan uang untuk memproduksi mesinnya, namun usaha itu gagal ketika pasangannya meninggal. Ia juga menerima banyak kritikan. Kesehatannya terus menerus menurun, Gorrie meninggal di pengasingan pada 29 Juni 1855. Ia dimakamkan di Gorrie Square Apalachicola.

Mesin penemuannya kemudian dikembangkan oleh Willis Carrier yang kemudian dikenal sebagai penemu AC modern pada 1902. | sember: en.wikipedia.org

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *