Jurnal Dina Dwi Nuryani yang Berjudul Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Higienis Remaja Putri Pada Saat Menstruasi di MTS Al-Khairiyah Kangkung Kecamatan Bumi Waras Bandar Lampung Tahun 2012

SEORANG dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati, Dina Dwi Nuryani . Dalam jurnal Dunia Kesehatan Masyarakat Volume 2 nomor 3, Juli 2013. Menulis jurnal yang berjudul “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Higienis Remaja Putri Pada Saat Menstruasi di MTS Al-Khairiyah Kangkung Kecamatan Bumi Waras Bandar Lampung Tahun 2012”.

Jurnal ini dilatarbelakangi oleh remaja yang harus mempersiapkan baik pengetahuan, sikap dan perilakunya kearah pencapaian reproduksi yang sehat, terutama untuk remaja puteri yang nantinya akan menjadi seorang wanita yang bertanggungjawab atas keturunannya, kelompok remaja menjadi perhatian karena jumlah mereka yang besar dan rentan serta mempunyai resikogangguan terhadap kesehatan reproduksi.

Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain cross sectional. Variabel terikat pada penelitian ini adalah perilaku higienis remaja putrid pada saat menstruasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku higiene remaja putri pada saat menstruasi yaitu: pengetahuan tentang higienis menstruasi, sikap terhadap higiene menstruasi, kepercayaan terhadap mitos, KIE tentang higienemenstruasi, sumber informasi, sarana kebersihan dan kesehatan sekolah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan distribusi frekuensi presentase univanat, analisa bivariat dengan uji Chi-Square, dan analisa multivariate.

Baca Selengkapnya:

image-01 image-16 image-02 image-03 image-04 image-05 image-06 image-07 image-08 image-09 image-10 image-11 image-12 image-13 image-14 image-15

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *