FKM Malahayati Gelar Riset Kesehatan Bersama Universitas Luar Negeri

Fakultas Kesehatan Universitas Malahayati Lampung, akhir Februari tahun 2017 ini sedang melaksanakan riset bersama dengan berbagai Universitas ternama dari dalam dan luar negeri. Beberapa universitas yang terlibat dalam penelitian bersama tersebut antara lain University Putra Malaysia, United Nation University, Univesity Uppsalah Swedia dan Universitas Indonesia Jakarta. Fokus riset bersama ini adalah pada kesehatan lingkungan sekolah di Bandar Lampung yang akan dikaitkan dengan kesehatan sistem pernapasan siswa Sekolah tersebut.

Di Indonesia penelitian ini tidak hanya dilakukan di Bandar Lampung tapi juga di Sekolah yang ada di Kota Depok bersama dengan Universitas Indonesia sebagai penanggung jawab pelaksanaannya, dan juga dilakukan di Swedia serta Malaysia. Rencananya penelitian ini akan dilaksanakan selama satu tahun dan nantinya data yang terkumpul akan dibandingkan, untuk melihat hubungan antara kualitas udara di beberapa tempat dengan kejadian penyakit alergi pernapasan pada anak sekolah, seperti asma dan sebagainya.

Adapun para peneliti yang terlibat dalam penelitian ini adalah, dari Lolita Sary, SKM, M.Kes dan Ririn W, SST, MPH dari Universitas Malahayati, Dr. Bambang Wispriyono dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. Jamal Hasyim Hisyam dari United Nation University, Prof. Dr. Zailina Hasyim dan Dr. Juliana Jamaluddin dari University Putra Malaysia serta dari Uppsalah Swedia, yaitu Profesor Dan Norback dan Profesor Gunilla.

Dalam kesempatan yang berbeda, Rektor Unimal Bandar Lampung Dr. Muhammad Kadafi, SH, MH menjelaskan bahwa penelitian bersama ini, merupakan tindak lanjut kerjasama dengan beberapa universitas di luar negeri dan merupakan langkah nyata Universitas Malahayati untuk terus bergerak dalam upaya mencapai visi misinya. Rektor juga menyampaikan akan terus mendorong terlaksananya kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya untuk menciptakan suasana atmosfir akademik yang kondusif untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. (lima-dh)

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *