Bedah Buku Politik, Bupati Lampung Tengah Memuji Universitas Malahayati

Ratusan mahasiswa meramaikan bedah buku berjudul “Moralitas Republikan” di Kabara Cafe, Universitas Malahayati, Bandar Lampung, Minggu 2 April 2017.

“Terimakasih Doktor Kadafi, teman saya yang juga adalah rektor di Universitas Malahayati ini,” kata Dr Ir H Mustafa, Bupati Lampung Tengah, yang membuka acara bedah buku ini. Doktor Kadafi yang dimaksud adalah Dr Muhammad Kadafi SH MH yang memang rektor di kampus ini. Ia juga adalah Ketua HIPMI Lampung.

Membuka acara bedah buku, menurut Mustafa, adalah kebanggaan sendiri bagi dirinya. “Apalagi ini berlangsung di kampus. Saya harap buku ini bisa menjadi pembelajaran bagi para mahasiswa tentang politik,” kata Mustafa.

Buku yang ditulis oleh Willy Aditya ini memang menguraikan soal politik di negeri ini. Singkat kata, buku ini mengupas bagaimana politik mengubah politik di negeri ini dari yang bersifat transaksional menjadi politik tanpa syarat.

Si penulis buku juga memuji Universitas Malahayati. “Politik sebenarnya memang berasal dari kampus. Mestinya sekarang memang dikembalikan ke kampus. Jangan biarkan preman-preman atau konglomerat hitam yang menguasai politik,” kata Willy.

Willy mengatakan agar kampus-kampus membuka diri untuk politik. “Politik membutuhkan ide-ide yang benar dan sesuai dengan harapan rakyat. Ide-ide seperti itu lahirnya dari kampus,” katanya.

Ia mengajak para akademisi untuk terlibat dalam berbagai partai politik. “Berikan ide-ide dan pencerahan dan gambaran cita-cita berpolitik itu,” katanya. “Karena itu saya sangat berterimakasih pada Doktor Kadafi yang sudah memulainya. Ini langkah baru setelah politik diberangus dari kampus di era rezim orde baru dulu.”

Selain menghadirkan si penulisnya, bedah buku ini juga diisi oleh narasumber yang berkualitas di Lampung. Di antaranya adalah Rektor Universitas Malahayati Dr Muhammad Kadafi, Pimpinan Lampung Post Bambang Eka Wijaya, pengamat politik dari Universitas Lampung Budi Rahardjo M IP, dan praktisi agama dari IAIN Raden Inten H Muslimin S Th I MA.

Sejumlah tokoh juga terlihat hadir pada acara bedah buku ini. Termasuk salah seorangnya adalah Wakil Ketua DPRD Bandar Lampung. []

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *