Eka Sariningsih dan Asni Aprillina: Pengaruh Arus Kas Operasi, Nilai Perusahaan, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Pasar modal berperan besar bagi perekonomian suatu negara karena menjalankan dua fungsi sekaligus yaitu ekonomi dan keuangan. Dengan adanya pasar modal, pihak yang memiliki kelebihan dana dapat menginvestasikan dana dengan membeli saham suatu perusahaan tersebut dengan harapan memperoleh imbal hasil atas investasi saham yaitu return saham, sedangkan pihak issuer (dalam hal ini perusahaan) dapat memanfaatkan dana tersebut untuk kepentingan investasi tanpa harus menunggu tersedianya dana dari operasi perusahaan.

Didalam penelitian perusahaan makanan dan minuman dijadikan objek penelitian dikarenakan makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok bagi manusia yang tidak dapat dipengaruhi oleh kondisi perekonomian yang sedang terjadi. Dalam memilih investasi yang menghasilkan pengembalian (return), investor memerlukan berbagai informasi sebagai landasan keputusan. Salah satu informasi yang dapat digunakan adalah informasi dari laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan hasil dari proses akuntansi perusahaan dan cerminan kinerja suatu perusahaan selama satu periode.

Hal itulah yang menjadi latar belakang Asni Aprillina dan Eka Sariningsih, S.E., M.S.Ak. melakukan penelitian yang tercantum dalam jurnal dengan judul “Pengaruh Arus Kas Operasi, Nilai Perusahaan, Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana arus kas operasi, nilai perusahaan, struktur modal dan ukuran perusahaan mempengaruhi return saham.

Baca selengkapnya: Jurnal Penelitian Eka Sariningsih dan Asni Aprillina

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *