Kusnadi, Indah Lia Puspita dan Septi Listiawati: Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prilaku Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing (Studi Empiris: KPP Pratama Tanjung Karang dan KPP Pratama Kedaton Bandar Lampung)

Pajak merupakan iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang (yang dapat dipaksakan) dengan tidak mendapat jasa timbal balik (kontraprestasi) secara langsung, dan digunakan untuk membayar pengeluaran umum (Mardiasmo, 2011). Peranan pajak dalam pembangunan berhubungan erat dalam pembangunan nasional baik pada sektor swasta maupun sektor umum. Pendapatan pajak dapat menjamin kestabilan bagi tersedianya sumber penerimaan negara.

Salah satu bentuk modernisasi perpajakan dalam hal pengggunaan teknologi informasi dalam administrasi perpajakan adalah penerapan media elektronik e-system. Tujuan dalam penggunaan teknologi informasi dalam administrasi perpajakan untuk meningkatkan keefisienan. Salah satu jenis e-system adalah e-Filing. Menurut website DJP, keunggulan dari sistem e-Filing ini adalah go green, yaitu melakukan penghematan kertas dengan sistem pelaporan pajak online, selain itu dengan menggunakan sistem ini, dinilai lebih aman dan tepat karena menggunakan sistem berbasis komputer.

Hal inilah yang mendasari Septi Listiawati bersama Kusnadi, S.E., M.Si. dan Indah Lia Puspita, S.E., M.Si. melakukan penelitian yang tertuang dalam jurnal dengan judul “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prilaku Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing (Studi Empiris: KPP Pratama Tanjung Karang dan KPP Pratama Kedaton Bandar Lampung)”.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, keamanan dan kerahasiaan, persepsi kepuasan dan kesiapan teknologi Informasi Wajib Pajak orang pribadi di Kantor KPP Pratama Tanjung Karang dan Kantor KPP Pratama Kedaton Bandar Lampung dalam menggunakan e-Filing.

Baca selengkapnya di Jurnal Penelitian Septi Listiawati, Kusnadi & Indah Lia Puspita

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *