Mengenal Lebih Dekat Dengan Bank Dunia

Bank Dunia adalah lembaga keuangan internasional yang memberikan pinjaman ke negara-negara di dunia untuk program pemberian modal. Bank Dunia terdiri dari dua lembaga: the International Bank for Reconstruction and Development (IBRD), and the International Development Association (IDA). Bank Dunia adalah komponen dari World Bank Group.

Tujuan resmi Bank Dunia adalah pengurangan kemiskinan. Menurut Articles of Agreement Bank Dunia (sebagaimana telah diubah, efektif sejak 16 Februari 1989) seluruh keputusannya harus diarahkan oleh sebuah komitmen untuk mempromosikan investasi luar negeri, perdagangan internasional, dan memfasilitasi investasi modal.

Baca juga: Hari Bank Dunia Diperingati Setiap 01 April

Bank Dunia diciptakan pada Konferensi Bretton Woods 1944 bersama dengan Dana Moneter Internasional (IMF). Bank Dunia dan IMF keduanya berbasis di Washington, D.C., dan bekerja erat satu sama lain.

Aktivitas Bank Dunia saat ini difokuskan dalam bidang seperti pendidikan, pertanian dan industri. Bank Dunia memberi pinjaman dengan tarif preferensial kepada negara-negara anggota yang sedang dalam kesusahan. Pihak Bank juga meminta bahwa langkah-langkah ekonomi perlu ditempuh agar misalnya, tindak korupsi dapat dibatasi atau demokrasi dikembangkan.|| Sumber: en.wikipedia.org dan id.wikipedia.org

 

|Rahmanisya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *