Seperti Apa Kualitas Fakultas Teknik Universitas Malahayati?

DENGAN Empat program studi (prodi) yang dimiliki, Fakultas Tenik (FT) Universitas Malahayati (Unimal), siap menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2015/2016.

Kualitas empat prodi yang dimiliki seperti S-1 Teknik Sipil, S-1 Teknik Mesin, S-1 Teknik Industri, S-1 Teknik Lingkungan, mampu bersaing dengan prodi serupa di perguruan lainnya. Bahkan lulusan FT Unimal cepat terserap di dunia kerja.

Mengutamakan kualitas, merupakan salah satu cara yang dilakukan FT Unimal menjaga kepercayaan pelaku usaha untuk mengunakan lulusannya.

Visi dari FT Unimal sendiri, Menjadi Fakultas Teknik yang unggul (excellent engineering faculty) berbasis riset bagi industri dan masyarakat menuju standar internasional dengan landasan etika-religius pada tahun 2025.

Agar visi tersebut dapat terwudut, FT unimal memiliki misi seperti adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan peran Fakultas Teknik UNIMAL sebagai pusat rujukan pengembangan riset yang berbasis Industri Agribisnis.
  2. Menyelenggarakan pendidikan bermutu dan berkarakter menuju standar ABET (Accreditation Board for Engineering and technology) untuk menghasilkan lulusan yang unggul.
  3. Menyelenggarakan riset aplikatif untuk industri dan masyarakat.
  4. Membangun kerjasama yang luas dengan industri, instansi, dan pemangku kepentingan lainnya baik sekala lokal, nasional dan internasional.

Salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga kualitas, dengan mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), hal ini bertujuan agar FT Unimal mampu;

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Teknik yang memiliki jiwa nasionalisme dan berwawasan kebangsaan, bermoral, beretika, berakhlak dan berintegritas tinggi.
  2. Membentuk lingkungan budaya akademis yang sehat dan dinamis di dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  3. Menyiapkan mahasiswa yang memiliki kapasitas akademik dan keahlian yang cukup untuk melanjutkan studi lanjut baik di dalam negeri atau luar negeri.
  4. Meningkatkan peranan Fakultas Teknik di dalam menghasilkan karya IPTEK sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

Prestasi kemahasiswaan FT Unimal sudah terlihat eksistensinya ditingkat regional dan nasional. Seperti Ada beberapa mahasiswa yang berhasil meraih prestasi ditingkat regional sebanyak 3 kegiatan selama kurun waktu 2 tahun di bidang Penelitian Ilmiah dan Kepribadian.

FT Unimal yang berdiri sejak 1994 dengan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomer 02/D/O/1994. Dan ijin penyelenggaraannya berdasarkan SK DIKTI Nomer 137/D/T/2002. Sudah meluluskan 500 sarjana teknik, dengan 400 mahasiswa aktif. []

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *