Aksi Solidaritas Mahasiswa Psikologi Universitas Malahayati dalam Peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia

Autis merupakan gangguan perkembangan pada anak dengan 3 ciri atau gejala utama yaitu gangguan pada interaksi sosial, gangguan komunikasi dan pola tingkah laku. Ciri-ciri anak autis pada umumnya dapat terlihat pada pola perilaku, aktivitas, dan interaksi yang cenderung terbatas dan berulang ulang. Selain itu, ciri- ciri anak autis juga tampak pada perilakunya, suka membolak-balik, menyentuh, mencium objek atau benda tertentu dengan berlebihan. Penyebab umumnya karena faktor genetik dan faktor lingkungan. Pada setiap tanggal 02 April diperingati sebagai hari autis sedunia setelah diputuskan dalam sidang umum PBB No. 62/137 pada tanggal 18 Desember 2007 lalu.

Demi memperingati Hari Peduli Autis Sedunia, mahasiswa Universitas Malahayati jurusan Psikologi yang tergabung dalam ILMPL (Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Lampung) membuat aksi solidaritas stop menggunakan kata “autis” untuk bahan ejekan. Kegiatan sosial yang mengusung tema “Strong With Autism, Tersenyum Bersama Anak Autis”  ini berlangsung pada Minggu, 08 April 2018 di Tugu Adipura Lampung.

Dalam kegiatan ini masyarakat diajak berpartisipasi dalam mendukung anak autis dengan memberikan tanda tangan mereka pada petisi di banner yang telah disediakan. Selain mahasisw Universitas Malahayatikegiatan ini juga diikuti mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Lampung, dan UIN Raden Intan Lampung.

Randy Mursady, mahasiswa Psikologi Universitas Malahayati selaku ketua pelaksana Kegiatan mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memberitahu masyarakat untuk tidak dan jangan pernah membuat perbedaan kepada siapapun. Hal ini juga guna mengingatkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap mereka yang berkebutuhan khusus.

“Jika ada orang yang mengejek anak autis, katakan pada mereka jangan katakan seperti itu, mereka itu sama seperti kita tetapi mereka perlu perhatian khusus. Jadi, Stop menggunakan kata Autis untuk bahan ejekan,” kata Randy menambahkan.

[*Heru

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *