Aryanti Wardiyah dan Setiawan; Jurnal Pengaruh Menyusui Terhadap Penurunan Tinggi Fundus Uteri

Menyusui merupakan tugas luhur seorang ibu terhadap anaknya karena didalam air susu ibu (ASI) mengandung banyak manfaat bagi bayi dan ibunya. Salah satu manfaatnya adalah penurunan tinggi fundus uteri (TFU) yang secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya perdarahan setelah melahirkan.

Perdarahan merupakan penyebab kematian terbanyak pada ibu post partum. Hasil survei awal didapatkan data rata-rata pasien per bulan sebanyak 20 pasien, kemudian hasil survei padang ibu post partum di RS Abdul Moeloek yang ada di didapatkan data sebanyak 70% yang tidak menyusui bayinya dengan penurunan tinggi fundus uteri rata-rata 1cm dan sebanyak 3 orang (30%) memberikan ASI kepada bayinya segera setelah bayi lahir dengan penurunan tinggi fundus uteri rata-rata 1,5cm setelah 8 jam post partum.

Hal itulah yang membuat Aryanti Wardiyah dan Setiawan melakukan sebuah penelitian yang mereka tuangkan dalam jurnal penelitian dengan judul Pengaruh Menyusui Terhadap Penurunan Tinggi Fundus Uteri”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh menyusui terhadap penurunan TFU.

Baca selengkapnya klik disini => Pengaruh Menyusui Terhadap Penurunan Tinggi Fundus Uteri

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *