Sumpah Dokter Periode ke-45 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati

SUMPAH Dokter periode XXXXV Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati.  Acara ini berlangsung di Gedung Graha Bintang Universitas Malahayati, Kamis, 19 April 2018.

Acara ini mengusung tema “Mengutamakan Keselamatan Pasien (Patien Safety) Guna Meningkatkan Profesionalisme Dokter dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Masyarakat”. Prosesi sakral ini diikuti sebanyak 126 peserta. Acara ini juga dihadiri wakil Rektor I, Dekan dan Kaprodi Fakultas Kedokteran, serta perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan perwakilan dari Dinas Kesehatan.

“Akhirnya segala perjuangan orang tua kini telah sampai lah hari yang bahagia ini, terimakasih dosen dan para dokter  yang telah membimbing dan mendidik kami dan sampai saat ini kami telah mendapat gelar dokter. Kami bangga dan bahagia telah menjadi sebagian besar keluarga malahayati, tidak sebentar kami berada di lingkungan malahayati dan kami tidak luput dari kesalahan, kami mohon maaf apa bila ada kesalahan tingkah laku kami yang kurang berkenan, ” tutur dr. Fadly Septa Perdana , perwakilan suara lulusan dokter baru Universitas Malahayati dalam sambutannya.

Fadly juga mengucapkan terima kasih untuk kedua orang tua yang telah berjuang dan berdoa untuk keberhasilannya. “Untuk kedua orang tua kami terimakasih berkat doa dan perjuangan kalian semua. Ini semua perjuangan dan doa kalian, baik materi tenaga dan segalanya hingga sampai saat ini kami mendapat gelar dokter. Kami berjuang karena inspirasi dari kalian. Kami sangat mencintai kalian. Hari ini kami telah melakukan sumpah bukan hanya sekedar sumpah tapi benar-benar kita abdikan pada masyarakat. Semoga langkah perjuangkan kita benar-benar berguna untuk masyarakat,”  tambahnya.

Sumpah Dokter adalah sumpah yang diucapkan oleh seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan dibidang kesehatan dan akan menjalani profesi dokter secara resmi. Sumpah Dokter Indonesia didasarkan atas Deklarasi Jenewa tahun 1948 yang isinya menyempurnakan Sumpah Hippokrates (sumpah yang secara tradisional dilakukan oleh para dokter tentang etika yang harus mereka lakukan dalam melakukan praktik profesinya).

[*Lukman.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *